featured-image-usaha-rumahan-di-bulan-ramadhan-terlaris-2021

10+ Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan Terlaris

Diposting pada

Redstrixcom – Pernahkah anda mencari tahu apa saja usaha rumahan di bulan ramadhan yang dapat anda lakukan agar anda tetap berpenghasilan walaupun hanya di rumah saja.

Bulan Ramadhan saat ini sudah sangat dekat sekali,apakah anda telah mempersiapkan apa saja usaha yang dapat anda lakukan selama bulan suci ini?

Apalagi bagi anda yang memiliki usaha kuliner,tentu saja bulan puasa yang penuh berkah ini memiliki peluang yang lebih besar daripada hari biasanya.

Selama satu bulan full Ramadhan ini,kita tidak boleh bermalas-malasan apalagi tidur seharian,karena Allah SWT juga tetap menyuruh kita untuk bekerja walaupun sedang berpuasa,namun secukupnya saja tidak boleh berlebih-lebihan,apalagi sampai melupakan kewajiban seperti Sholat dan lain-lainnya.

Jadi,selama satu bulan Ramadhan ini,usaha yang anda miliki dapat tetap berjalan dan segala ibadah lainnya juga dapat terlaksanakan.

Maka dari itu,sebelum memulai ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu usaha rumahan di bulan Ramadhan yang penuh berkah pada tahun ini.

Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan Terlaris

ide-usaha-rumahan-di-bulan-ramadhan

Mencari ide usaha rumahan sangat penting sekali untuk di ketahui,apalagi bagi anda yang hanya mengandalkan pekerjaan dari berjualan saja.

Pada bulan Ramadhan tahun sebelumnya,mungkin banyak yang bersedih karena terkendala covid19, sehingga pasar Ramadhan pun ditutup dan dilarang berjualan disana karena akan menimbulkan kerumunan orang banyak.

Akhirnya,jalan terakhir yang dapat dilakukan oleh orang-orang adalah tetap menjalankan usaha mereka,walaupun hanya dari rumah saja.

Usaha ini sering di sebut oleh orang-orang sebagai bisnis online,yang cukup populer sekarang ini.

Nah,daripada penasaran, yuk mari kita simak usaha di bulan puasa ramadhan yang laris dan ide jualan di bulan ramadhan 2021 ini.

1.Menjual Kurma dan Buah-Buahan Segar

menjual-buah-kurma-di-bulan-ramadhan

Jika anda bertanya jualan apa yang paling laris di bulan Ramadhan,tentu saja adalah buah kurma.Buah ini merupakan buah yang wajib ada di setiap rumah ketika bulan Ramadhan telah tiba.

Makanan ini merupakan makanan yang disunnahkan dimakan ketika waktu berbuka puasa telah tiba.

Hal ini juga di contohkan oleh Rasulullah SAW, beliau selalu menyegerakan waktu berbuka dengan memakan buah kurma dan meminum air putih.

Tak hanya di bulan Ramadhan saja, buah kurma ini juga menjadi salah satu buah yang sering di konsumsi, khususnya di daerah timur tengah negara Arab yang mana disana sangat banyak sekali pohon kurma yang hidup.

Hal ini di karenakan juga disana merupakan padang gurun pasir.

Nah, jadi bagi anda yang sedang mencari ide kreatif di bulan Ramadhan atau ingin mencari tahu jualan paling laris di bulan Ramadhan, menjual kurma ini sangat cocok untuk anda coba.

Anda juga dapat mencari supplier atau di toko online untuk membeli harga kurma yang murah dan menjualnya di tempat anda.

Baca juga: Tips Sukses Melakukan Promosi Bulan Ramadhan

2.Menjual Menu Takjil

menjual-menu-takjil-berbuka-puasa

Siapa sih yang gak kangen bulan Ramadhan ini, apalagi suasana Ramadhan ini memang berbeda dengan bulan-bulan lainnya, nuansanya itu memang memiliki khas tersendiri.

Adapun hal yang sering di lakukan oleh orang-orang menjelang berbuka itu sering disebut dengan ngabuburit.

Pada waktu ngabuburit tersebut, orang-orang sering melakukan aktivitas pergi ke pasar untuk membeli makanan dan minuman untuk persiapapan berbuka mereka.

Selain itu,ada juga yang mengisi waktu tersebut untuk mendengarkan ceramah sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Bagi anda yang kebingungan mencari ide kreatif di bulan Ramadhan, anda bisa mencoba berjualan menu takjil ini, karena walaupun saingan banyak namun potensinya juga sangat tinggi.

Selain itu,anda juga cukup berjualan secara online saja tanpa perlu pergi ke pasar untuk menjualnya.

Berikut adalah menu takjil yang dapat anda jual:

  • Kue basah & kue kering – Jenis kue ini seringkali di cari orang untuk melengkapi buka puasa mereka agar lebih berasa
  • Sop atau kuah makanan – Hambar rasanya jika makan nasi tidak di campur dengan kuah, anda juga bisa menjual jenis makanan berkuah seperti sop dan lainnya
  • Panggangan – Sebagian orang tentu ada yang sangat suka berbuka dengan masakan yang di panggang, anda bisa mencobanya
  • Minuman atau Es buah – Agar terasa lebih segar biasanya orang-orang suka berbuka dengan yang segar seperti meminum es buah dan minuman segar lainnya

Itulah tadi beberapa ide kreatif di bulan Ramadhan yang dapat anda coba,jika anda ada tambahan silahkan tambahkan di kolom komentar ya.

Baca juga: 15+ Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil Terbaik

3.Membuka Katering Untuk Berbuka & Sahur

ide-kreatif-di-bulan-ramadhan-membuka-katering-untuk-berbuka-dan-sahur

Bagi anda yang memilik usaha katering makanan, jangan stop ketika bulan Ramadhan tiba.Karena ini merupakan salah satu usaha di bulan puasa Ramadhan yang laris untuk di lakukan.

Katering ini merupakan usaha rumahan di bulan Ramadhan yang cukup sering di lakukan oleh orang-orang untuk tetap mendapatkan penghasilan selama bulan puasa ini.

Selain itu, pekerjaan ini bisa menjadi potensi yang sangat besar jika anda berada di tempat yang pas.

Contohnya adalah dekat dengan kos-kosan Mahasiswa, yang mana kemungkinan besar mereka tidak sempat memasak untuk sahur ataupun berbuka.

Agar dapat membuat pelanggan lebih tertarik memesan katering anda,berilah mereka diskon ketika membeli pertama kali atau jika mereka membeli paket 2 makanan sekaligus untuk berbuka dan juga untuk makan sahur.

Dengan begitu, mereka akan suka memesan katering dengan anda dan kemungkinan mereka akan melakukan repeat order lagi.

Selain hal diatas, anda juga sebisa mungkin membuat masakan tersebut senyaman mungkin agar mendapatkan testimoni dan review yang bagus dari pelanggan.

Siapa tahu ini juga bisa menjadi usaha anda walaupun bulan Ramadhan telah lewat nanti.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Harus di Hindari Ketika Memulai Bisnis Online

4.Menjual Pakaian Muslim

jualan-paling-laris-di-bulan-ramadhan-menjual-pakaian-muslim

Menjual beragam pakaian muslim dan muslimah juga merupakan salah satu jualan paling laris di bulan Ramadhan, apalagi jika sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri, mungkin anda akan kewalahan untuk mengurusi orderan yang menumpuk masuk.

Pakaian muslim tentunya merupakan kebutuhan yang sangat penting oleh umat muslim dan muslimah.

Karena, pakaian muslim ini merupakan salah satu kebutuhan untuk menutup aurat dan busana muslim tentu memiliki ciri khas tersebut.

Menjual pakaian muslim ini juga bisa menjadi ladang usaha anda selama bulan Ramadhan ini, bahkan bisa di lanjutkan ke bulan-bulan selanjutnya dan bisa menjadi pekerjaan tetap bagi anda tersendiri.

Selain itu,hal yang perlu anda perhatikan dalam menjual pakaian muslim ini adalah, yang tentunya tidak melanggar syariat Islam.

Contohnya misalkan anda menjual pakaian muslimah, namun seluruh ukurannya sangat ketat sehingga ketika dipakai akan kelihatan lekuk tubuh wanita, yang mana ini sangat di larang dalam Islam.

Jadi,menjual pakaian muslim ini bisa menjadi salah satu usaha rumahan di bulan Ramadhan, baik secara online maupun offline.

Baca juga: 20 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula Terlengkap

5.Menjual Perlengkapan Ibadah

menjual-perlengkapan-ibadah

Perlengkapan ibadah merupakan juga merupakan salah satu jualan paling laris di bulan Ramadhan dan pada bulan-bulan biasa.

Setiap kaum muslimin tentu memerlukan yang namanya perlengkapan ibadah untuk kebutuhan ibadah sehari-hari,contohnya adalah sejadah,peci,tasbih,Al-Qur’an, dan lain-lain.

Ini bisa menjadi salah satu potensi yang besar untuk anda lakukan agar tetap mendapatkan penghasilan selama satu bulan penuh bulan Ramadhan.

Apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba, kemungkinan besar penjualan perlengkapan ibadah bisa meningkat hingga 90%.

Ini dapat membuat anda untung besar, namun tetap tidak boleh memberikan harga terlalu tinggi,ya berikan harga sewajarnya saja.Tidak apa-apa untung sedikit, namun anda telah memiliki pelanggan tetap.

Bahkan,kalau bisa anda berikan diskon produk anda.Karena,pasti ada saja orang yang tidak mampu untuk membeli peralatan ibadah namun mereka tidak mampu.

Bahkan,jika anda berkenan bisa memberikan mereka peralatan ibadah secara gratis, ini juga bisa menjadi shodaqoh jariyah anda.

Jadi,anda tidak perlu terlalu pusing untuk mencari ide jualan di bulan Ramadhan 2021 ini.

Baca juga: 5 Resiko Pengusaha Ketika Menjalankan Bisnis

6.Membuka Usaha Laundry

membuka-usaha-laundry

Usaha rumahan di bulan Ramadhan selanjutnya adalah membuka usaha laundry, yang mana pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang cukup laku, bahkan di bulan-bulan biasanya.

Tahukah anda, bahwa usaha laundry ini juga merupakan peluang usaha rumahan yang dapat anda lakukan selama bulan Ramadhan.

Terlebih jika lokasi anda memang cocok dengan daerah sekitar, seperti dekat dengan kos Mahasiswa atau para pekerja kantoran yang merantau.

Selain itu,ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri, banyak pembantu atau asisten rumah tangga yang pulang kampung untuk merayakan lebaran bersama keluarga mereka masing-masing.

Ini bisa menjadi potensi dan penghasilan yang besar untuk bisa anda dapatkan.

Akan tetapi,kendala yang sering di hadapi dalam membuka usaha laundry ini adalah modal yang cukup besar.

Anda tidak perlu langsung membuka toko yang besar atau mesin cuci yang banyak.Anda cukup mengandalkan mesin cuci dirumah anda saja,secara perlahan jika banyak pelanggan dan modal yang bertambah,baru anda memperbesar usaha laundry anda.

Jadi,anda tidak perlu kebingungan lagi untuk mencari tahu usaha di bulan puasa Ramadhan yang laris.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli

7.Menjual Parsel Lebaran

usaha-di-bulan-puasa-ramadhan-yg-laris-menjual-parsel-lebaran

Menjual parsel lebaran,merupakan salah satu usaha rumahan di bulan Ramadhan yang cukup diminati oleh orang-orang,terlebih jika mendekati Hari Raya Idul Fitri.

Ketika mendekati hari lebaran,banyak orang-orang yang menginginkan untuk memberi sesuatu kepada keluarga,teman, atau bahkan kerabat terdekat mereka.

Adapun sesuatu yang sering dikirimkan ketika mendekati lebaran ini adalah parsel.

Ini merupakan salah satu ide jualan paling laris di bulan Ramadhan,potensi yang di dapatkan juga sangat besar.

Apalagi jika anda bisa membuat hiasan parsel dibuat semenarik mungkin agar dapat membuat orang-orang tertarik untuk membeli parsel anda.

Selain kemasan yang kreatif,isi dari parsel itu juga anda harus bisa mengisi dengan kreatif agar sesuai dengan kemasannya.

Baca juga: Apa itu Dropship? Pengertian,Contoh,dan Cara Kerjanya

8.Membuat Kue Lebaran

membuat-kue-lebaran

Selain parsel,membuat jenis kue lebaran juga merupakan salah satu usaha rumahan di bulan Ramadhan yang cukup diminati oleh orang-orang.

Umumnya,orang-orang lebih suka membeli daripada membuat sendiri,hal ini bisa juga dikarenakan ingin saling berbagi rezeki kepada lainnya.

Ketika menjelang lebaran tiba, orang-orang tentu saja sibuk mempersiapkan aneka macam makanan dan minuman,untuk menjamu tamu-tamu yang datang nantinya ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

Ada beberapa jenis kue lebaran yang khas,diantaranya adalah:

  1. Kue Nastar
  2. Kue Putri Salju
  3. Kue Sagu Keju
  4. Kue Semprit
  5. Kue Kacang Tanah
  6. Kue Selai

Itu adalah beberapa jenis kue lebaran yang sering di beli oleh orang-orang.Jika anda memiliki tambahan, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.

Baca juga: 15 Teknik Closing yang Efektif Paling Jitu

9.Jasa Rental Mobil

jasa-rental-mobil

Tahukah anda,kalau jasa rental mobil ini juga merupakan salah satu usaha rumahan di bulan Ramadhan yang cukup laris?

Terlebih jika sudah mendekati lebaran Idul Fitri,para pekerja ataupun mahasiswa yang merantau, mereka tentu saja akan mudik ke kampung halaman masing-masing.

Ini merupakan kesempatan yang tak dapat di lewatkan bagi anda yang sedang mencari ide kreatif di bulan Ramadhan.

Jika anda telah memiliki usaha rental mobil ini sebelumnya,maka anda hanya perlu menawarkan saja lagi kepada orang yang memiliki keluarga jauh,dan mereka ingin pulang kampung namun tidak memiliki kendaraan untuk pulang.

Adapun bagi anda yang belum memiliki usaha rental mobil ini,anda dapat meminjam mobil keluarga yang punya mobil seperti Avanza,Innova, dan lain-lain.

Nanti,ketika ada yang merental anda bisa melakukan bagi hasil kepada keluarga anda yang memiliki mobil tersebut.

Sangat mudah bukan,anda tidak perlu lagi kebingungan mencari tahu ide jualan di bulan Ramadhan 2021 ini.

Baca juga: 10+ Supplier Dropship Terpercaya & Terbaik

10.Menjual Tiket & Usaha Travel

menjual-tiket-dan-membuka-usaha-travel

Ide usaha rumahan di bulan Ramadhan selanjutnya adalah menjual tiket dan membuka usaha travel.

Sebelumnya,kita telah membahas tentang usaha rental mobil,yang mana hal tersebut merupakan mereka yang menyewa yang menyetir.

Sekarang,membuka usaha travel anda yang akan menyetir dan membawa para penumpang sesuai dengan tujuan yang mereka inginkan.

Ketika menjelang lebaran tiba,orang-orang juga banyak yang memesan dan melakukan pembelian tiket untuk mudik ke kampung halaman masing-masing.

Ini bisa menjadi kesempatan anda untuk mencari penghasilan di bulan Ramadhan.

Selain itu,ketika menjelang lebaran ini orang-orang banyak yang mudik,seperti pekerja banyak yang cuti dari pekerjaan mereka.

Ini bisa menjadi potensi yang sangat besar bagi anda untuk mendapatkan penghasilan untuk menyambut lebaran tahun ini.

Baca juga: Apa itu Startup dan Bagaimana Perkembangan Startup di Indonesia

11.Usaha Oleh-Oleh Lebaran

menjual-oleh-oleh-lebaran

Ide usaha rumahan di bulan Ramadhan yang terakhir adalah menjual oleh-oleh lebaran.

Di dekat rumah anda apakah banyak para mahasiswa dan pekerja yang berasal dari daerah jauh,jika iya maka menjual oleh-oleh lebaran ini merupakan salah satu jualan paling laris di bulan Ramadhan,khususnya menjelang lebaran Idul Fitri ini.

Banyak para pekerja yang cuti dan Mahasiswa yang libur kuliah mudik ke kampung halaman mereka masing-masing.

Ya sangat jarang sekali jika mereka pulang hanya dengan tangan kosong saja,tentu mereka ingin membawakan oleh-oleh yang bisa dibawa untuk diberikan kepada keluarga di kampung halaman mereka masing-masing.

Baca juga:

Jangan lupa juga untuk nonton konten edukasi menarik di YouTube Redstrixcom.

Kesimpulan:

Usaha rumahan di bulan Ramadhan ini sebenarnya cukup banyak sekali yang dapat dikerjakan,cuman tinggal orang-orangnya saja lagi apakah mereka rajin untuk mengerjakannya atau malah sebaliknya.

Karena,banyak orang-orang yang menganggap bahwa bulan Ramadhan itu bermalas-malasan saja tidur dirumah dan ibadah saja.

Memang,ibadah lebih banyak itu sangat dianjurkan,namun kita juga harus tetap berusaha bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi jika anda sudah memiliki keluarga yang harus di nafkahi.

Mungkin,itu saja yang dapat kami tuliskan pada materi ini,selanjutnya akan kami bahas lebih banyak lagi mengenai usaha-usaha rumahan lainnya.

Jangan lupa share artikel ini jika anda rasa bermanfaat untuk teman-teman atau kerabat terdekat anda ya.

Jika anda menemukan kesalahan penulisan dan menemukan link yang rusak,jangan sungkan untuk segera menghubungi kami,atau bisa menuliskan di kolom komentar.

Terima kasih,

Wassalam.

Gambar Gravatar
Seorang Muslim Entreprenur & Pemuda Milenial yang hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangkaian tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *