featured-image-tips-sukses-melakukan-promosi-bulan-ramadhan

Tips Sukses Melakukan Promosi Bulan Ramadhan

Diposting pada

Redstrixcom – Promosi bulan ramadhan merupakan salah satu strategi marketing yang harus anda persiapkan untuk dapat mendapatkan penjualan yang lebih banyak.

Ramadhan sekarang ini sudah semakin dekat,tak terasa setahun lalu kita juga bertemu bulan yang suci juga,dan Alhamdulillah pada tahun ini Allah masih memberikan kesempatan bagi kita untuk bertemu bulan suci Ramadhan yang mulia ini.

Seperti biasa,pada bulan Ramadhan ini,kita sebagai umat muslim di wajibkan untuk berpuasa bagi yang sudah baligh.

Adapun anak-anak di anjurkan untuk berlatih terlebih dahulu,agar lebih mudah berpuasa ketika mereka sudah dewasa.

Disini yang perlu anda ketahui adalah puasa itu bukan berarti anda bermalas-malasan saja,seharian dirumah misalkan hanya bermain game,atau bahkan tidur sepanjang hari.

Hal ini juga merupakan hal di makruhkan jika terlalu sering dilakukan.

Oleh karena itu,walaupun puasa namun usaha dan bisnis anda harus tetap jalan seperti biasanya.

Namun,anda memerlukan strategi yang berbeda untuk melakukan pemasaran pada bulan Ramadhan ini.Untungnya itu semua akan kita bahas pada artikel kali ini.

Baca juga: 10+ Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan Terlaris

Berikut adalah kiat sukses melakukan promosi bulan ramadhan

Sikap Konsumen di Bulan Ramadhan

sikap-konsumen-di-bulan-ramadhan

Perlu anda ketahui,bahwa pada bulan ramadhan ini tentu saja teknik pemasaran yang harus anda terapkan berbeda dengan hari-hari biasanya.

Karena,pada bulan ramadhan ini ada beberapa perubahan yang terjadi,yaitu sikap konsumen.

Tentu saja antara konsumen yang muslim dan nonmuslim akan memiliki kebutuhan yang sangat berbeda.

Maka dari itu,anda harus mengetahui beberapa perubahan ini,sebelum memulai promosi bulan ramadhan.

Baca juga: 5+ Tips Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Untuk Pemula

1.Konsumen Lebih Banyak Belanja Pada Bulan Ramadhan

Ketika bulan ramadhan tiba,banyak orang-orang yang jarang belanja pun pasti akan berbelanja juga untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Terlebih lagi untuk urusan makanan,karena ketika puasa ini orang-orang pasti selalu menginginkan berbukan dengan makanan yang enak dan segar.

Bagi anda yang memiliki usaha kuliner,hal ini merupakan kesempatan yang paling baik anda gunakan untuk meningkatkan omset usaha anda.

Namun,yang perlu anda catat disini adalah tidak boleh membuka warung makanan pada pagi hari,ya minimal jam 3 sore lah.

Karena,jika anda membuka pada pagi hari,itu berarti anda tidak mengormati orang muslim yang sedang berpuasa.

Jadi,anda perlu ingat itu.Banyak warung muslim yang selalu buka pada pagi hari bulan ramadhan,dan setelah ramadhan mereka tiba-tiba bangkrut gulung tikar.

Hal tersebut bisa disebabkan karena tidak ada keberkahan dalam berjualan,akhirnya Allah ambil semua yang dia miliki.

Baca juga: 15+ Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil Terbaik

2.Konsumen Mencari Promo Ramadhan

Ini yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Biasanya,menjelang ramadhan orang-orang akan menahan terlebih dahulu keinginan mereka untuk berbelanja,untuk mendapatkan promo produk yang mereka sukai.

Selain itu,biasanya juga promo bulan ramadhan ini tidak tanggung-tanggung,ada yang mencapai hingga 50%.

Maka dari itu,anda sebagi seller jangan takut untuk mengadakan promo,namun produk anda akan habis juga pada bulan ramadhan itu.

Ya walaupun anda hanya untung setengah,itupun tidak mengapa,yang penting anda sudah memiliki pelanggan,siapa tahu mereka akan jadi pelanggan setia anda.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Harus di Hindari Ketika Memulai Bisnis Online

3.Produk Keagamaan Lebih di Minati

Promosi bulan ramadhan,tentu saja produk-produk yang ada kaitan dengan keagamaan lebih diminati kaum muslimin untuk dibeli.

Biasanya,ketika menjelang bulan ramadhan ini,orang-orang akan mulai memperbarui penampilan mereka dengan pakaian-pakaian baru.

Contohnya adalah dengan membeli baju koko baru, sejadah, peci, ataupun membeli mukena bagi para perempuan untuk dibawah sholat taraweh.

Apalagi menjelang hari raya Idul Fitri,orang-orang biasanya akan melakukan banyak barang atau memborong barang-barang diatas tersebut.

Ini kesempatan emas bagi anda yang memiliki usaha pakaian atau perlengkapan agama muslim lainnya.

Lalu,bagaimana nasib mereka yang tidak menjual produk keagamaan?Mungkin,akan tetap mendapatkan pelanggan yang akan membeli,namun kemungkinan nya lebih kecil.

Maka dari itu,setidaknya anda mencampur jualan anda dengan produk keagamaan.

Anda bisa menjadi reseller di dropshipaja mungkin jika anda berminat.

Baca juga: 20 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula Terlengkap

4.Acara Buka Bersama Banyak di Minati

Promosi bulan ramadhan selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan momen ramadhan ini,yaitu acara bukber (Buka Bersama) yang mana hal tersebut sering dilakukan pada bulan ramadhan,karena mereka lebih sering berkumpul dengan teman-teman atau keluarga mereka masing-masing.

Ini merupakan kesempatan bagi anda yang mempunyai usaha kuliner yang cukup besar dan sudah dikenal banyak orang.

Biasanya,orang-orang akan melakukan booking tempat pada siang atau sore hari,dan mereka akan menggunakannya pada waktu berbuka nanti.

Baca juga:5 Resiko Pengusaha Ketika Menjalankan Bisnis

Waktu yang Tepat Promosi Bulan Ramadhan

waktu-yang-tepat-untuk-promosi-bulan-ramadhan

Setelah mempelajari tentang sikap para konsumen pada bulan ramadhan,langkah selanjutnya adalah mempelajari cara menentukan waktu yang tepat untuk melakukan promosi bulan ramadhan.

Loh,emang waktu berpengaruh juga ya? Tentu saja,seperti yang saya bilang sebelumnya,anda juga tidak bisa sembarangan memilih waktu untuk promosi,karena kalau salah-salah akan berpengaruh terhadap penjualan anda.

Berikut adalah waktu-waktu yang tepat untuk promosi bulan ramadhan:

  • Pukul 03:00 – 05:00 – Waktu ini adalah waktu orang-orang untuk makan sahur,walaupun waktu ini tergolong masih pagi dan mungkin sebagian ada yang beribadah,namun pada waktu ini juga orang-orang banyak yang masih online mengakses internet
  • Pukul 11:00 – 12:00 – Waktu ini biasanya orang-orang mulai istirahat bekerja karena bersiap-siap menjelang adzan Zuhur,anda bisa menggunakan 1 jam waktu ini untuk melakukan promosi
  • Pukul 16:00 – 17:00 – Pada waktu sore ini,biasanya orang-orang suka untuk menggunakan untuk santai atau jalan-jalan untuk menghilangkan penat.Anda juga bisa memanfaatkan waktu ini sebaik mungkin untuk promosi
  • Pukul 21:00 – 23:00 – Pada waktu ini biasanya orang-orang baru saja selesai melaksanakan sholat taraweh,anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk promosi apa saja yang ingin anda siapkan untuk besok hari

Selain jam-jam waktu diatas,ada lagi momen yang harus anda sesuaikan untuk melakukan promosi.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli

Waktu ini juga sangat penting untuk anda ketahui,agar anda tak keliru melakukan promosi pada momen yang salah,akhirnya anda kesulitan untuk mendapatkan closing.

Berikut adalah momen yang harus anda ketahui untuk melakukan promosi bulan ramadhan:

  • 10 Hari Ramadhan Pertama – Pada waktu ini,anda dapat melakukan promosi khusus untuk peralatan atau keperluan ibadah saja,seperti sajadah, peci, mukena, dan lain-lain.Dikarenakan pada waktu ini orang-orang masih fokus untuk beribadah
  • 10 Hari Ramadhan Kedua – Pada puasa hari ke 11-20, waktu ini orang-orang lebih banyak melakukan aktivitas buka bersama dengan para kerabat, teman-teman, atau keluarga mereka.Bahkan, tak sedikit juga mereka menggunakan momen ini untuk reunian
  • 10 Hari Ramadhan Ketiga – Pada puasa 10 hari terakhir ini, orang-orang mulai mencari keperluan-keperluan untuk mempersiapkan Hari Raya Idul Fitri.Adapun barang yang orang-orang cari biasanya adalah seperti pakaian muslim, kue-kue lebaran, dan peralatan rumah tangga.Anda harus berfokus pada barang-barang tersebut untuk dipromosikan pada akhir Ramadhan ini.

Itulah tadi beberapa hitungan waktu yang dapat anda sesuaikan untuk menjual sesuatu dan melakukan promosi bulan ramadhan.

Baca juga: Apa itu Dropship? Pengertian,Contoh,dan Cara Kerjanya

Cara Membuat Konten Promosi Bulan Ramadhan

cara-membuat-konten-promosi-bulan-ramadhan

Pada tahap selanjutnya, kami akan memberikan anda tips bagaimana caranya membuat konten promosi yang menarik, agar dapat membuat pelanggan tertarik dengan tawaran anda.

Membuat konten ini juga penting untuk anda ketahui,karena konten inilah yang akan anda sebar luaskan nantinya di berbagai media sosial.

Jika konten promosi yang anda buat memiliki nilai visual yang menarik,maka pengunjung akan mudah untuk membeli produk anda,begitu juga sebaliknya.

Baca juga: 15 Teknik Closing yang Efektif Paling Jitu

Sebelum membuat konten promosi di bulan Ramadhan,ada baiknya anda memperhatikan dahulu hal-hal berikut ini:

  • Membuat konten yang bertentangan – Bagaimanapun anda dapat membuat konten yang sekreatif mungkin, namun itu semua tidak boleh bertentangan dengan agama, misalkan anda membuat foto makanan yang masih hangat dan terlihat sangat nikmat.Ini sama saja kita tidak menghormati orang-orang yang sedang berpuasa
  • Memberikan Diskon atau Gratis Ongkir – Biasanya tak lepas juga orang-orang ingin mencari toko yang free ongkir dan diskon,hal ini juga dapat anda terapkan untuk jualan anda agar pelanggan langsung memborong banyak jualan anda.Jangan terlalu mengharap untung banyak namun pelanggan kabur,alhasil tidak ada penjualan sama sekali dan anda rugi berkali-kali lipat
  • Buat Konten dengan Desain yang Menarik – Agar tingkat penjualan anda semakin tinggi,anda harus membuat konten berbentuk desain yang menarik dan tentunya bernuansa Ramadhan.Berikut adalah contoh konten desain promosi di bulan Ramadhan yang menarik
contoh-desain-ramadhan-freepik

Contoh konten desain-desain seperti itu sangat cocok digunakan karena bernuansa Ramadhan ditambah dengan visual dan element yang menarik disamping bagian desainnya.

Baca juga:

Kesimpulan:

Pada intinya,promosi bulan Ramadhan ini juga sangat penting untuk anda lakukan.

apalagi jika anda memang seorang pedagang atau pengusaha online,yang hanya mengandalkan jualan saja untuk mendapatkan penghasilan.

Memang pada bulan Ramadhan ini kita disuruh untuk lebih banyak beribadah kepada Allah SWT, namun bukan berarti kita bermalas-malasan juga, kita juga harus tetap bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan,jangan lupa untuk share artikel ini dan tinggalkan komentar dibawah.Jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik kami lainnya di website ini.

Jika anda menemukan kesalahan kata atau ada link yang rusak,jangan ragu dan sungkan untuk segera menghubungi kami.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi channel YouTube Redstrixcom untuk mendapatkan konten edukasi menarik.

Terima kasih,

Wassalam.

Gambar Gravatar
Seorang Muslim Entreprenur & Pemuda Milenial yang hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangkaian tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *