featured-image-cara-menulis-artikel-seo-friendly-berkualitas-dengan-mudah

20+ Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas dengan Mudah

Diposting pada

Redstrixcom – Cara menulis artikel SEO Friendly dan berkualitas itu seperti apa sih? Apakah kita harus mempunyai skill dan kemampuan khusus di bidang tersebut,simak jawabannya pada artikel ini.

Perlu anda ketahui,bahwa mesin pencari itu sangat menyukai sekali artikel website yang berkualitas agar dapat muncul dihalaman pertama hasil pencarian.

Tentunya,website yang dapat muncul dihalaman pertama tersebut bukanlah website sembarangan,tentunya artikel yang dibuat itu original (tidak copas),SEO Friendly,navigasi yang jelas,mobile friendly,dan tentunya tidak melanggar aturan-aturan yang telah dibuat oleh Google.

Pada artikel ini,kami akan memberikan tips bagaimana cara menulis artikel SEO friendly berkualitas dengan mudah tanpa menggunakan bantuan plugin,khususnya bagi anda pengguna WordPress.

.Jadi,cara ini dapat anda lakukan secara manual saja sambil memperhatikan beberapa kaidah SEO yang dapat mengoptimasi konten anda agar dapat tampil di halaman pertama mesin pencarian.

SEO Friendly Adalah

seo-friendly-adalah

Apa itu SEO friendly dan apa sih pentingnya untuk sebuah website ataupun blog?

SEO friendly adalah sebuah suatu teknik atau strategi,yang berfungsi untuk mengoptimasi sebuah konten yang ada disebuah situs website,agar dapat tampil dihalaman pertama hasil pencarian ketika ada orang-orang yang mengetikan sebuah keyword yang relevan dengan isi konten-konten yang ada diwebsite anda.

Pada umumnya,teknik ini dapat membantu anda sebagai website owner untuk melakukan optimasi konten agar dapat bersaing dengan website-website lainnya.Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali orang-orang yang menjadi blogger ataupun publisher,sehingga membuat persaingan agar dapat tampil dihalaman pertama hasil pencarian menjadi sangat sulit.

Website yang sudah dapat tampil dihalaman pertama mesin pencarian itu bukanlah website yang sembarangan,melainkan website-website yang memang sudah terpercaya untuk dikunjungi.

Akan tetapi,jika kita satu kali saja melakukan kesalahan terhadap aturan yang telah mereka buat,maka akan berdampak besar terhadap website yang kita miliki,salah satunya adalah tidak akan dipercaya lagi bahkan akan sulit untuk mengambil alih posisi teratas hasil pencarian.

Baca juga: Apa Itu SEO? Pengertian,Contoh,dan Fungsinya

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

cara-menulis-artikel-seo-friendly-dan-berkualitas

Baik,sekarang kita akan masuk tahap inti dari artikel ini.Sebelum kita mulai,artikel ini memang khusus dibuat untuk anda yang memang mempunyai website dan menginginkan konten yang telah anda buat dapat tampil dihalaman pertama mesin pencarian.Adapun jika anda tidak mempunyai website juga silahkan jika ingin membaca artikel ini.

1.Cari Keyword yang Relevan dengan Konten

Ketika anda ingin membuat sebuah konten untuk website anda,cobalah untuk mencari kata kunci atau keyword yang cocok dengan konten yang anda buat.Cobalah anda buat konten anda terlebih dahulu,sambil menentukan keyword apa yang cocok dengan konten yang anda buat,agar dapat dikunjungi oleh banyak orang.

Misalkan saja konten anda membahas tentang resep masak,maka anda harus mencari keyword-keyword yang berhubungan dan satu definisi,misalkan keyword food,masak,resep makanan,dan lain-lain.Intinya adalah keyword yang anda fokuskan harus relevan dengan konten yang telah anda buat sebelum dipublikasikan.

Jangan menggunakan keyword yang tidak ada hubungannya dengan konten yang anda buat.Karena akan berdampak besar terhadap SEO website anda di hasil pencarian dan mesin pencarian akan memberikan ranking yang jauh sekali dari hasil pencarian.

2.Riset Keyword

Setelah menentukan keyword yang relevan dengan konten anda,langkah selanjutnya adalah melakukan riset keyword,artinya apakah keyword yang ingin kita gunakan dikonten kita tersebut banyak dicari oleh orang-orang,atau malahan keyword yang ingin kita gunakan tersebut malah hanya sedikit sekali dicari oleh orang-orang.

Tentunya,hal ini sangat berpengaruh terhadap konten yang anda buat untuk dikunjungi oleh para pencari informasi.

Teruntuk pengguna WordPress,mereka sangat mudah sekali jika ingin melakukan riset keyword,apalagi dengan bantuan plugin,mereka dapat dengan mudah membuat konten yang SEO friendly.

Namun,disini kita akan membahas tanpa bantuan plugin apapun,yaitu menggunakan cara manual dan mengandalkan tools-tools seadanya yang gratis.

Berikut adalah tools gratis yang dapat kita gunakan untuk melakukan riset keyword:

  • Google Trends
  • Google Keyword Planner
  • Facebook Audience Insight

Dalam pemilihan riset keyword,carilah keyword yang paling banyak search volume atau paling banyak dicari orang.Jika search volumenya tinggi,maka kemungkinan besar konten yang anda buat akan lebih banyak mendapatkan klik dan muncul dihalaman teratas hasil pencarian.

Berikut adalah contoh search volume yang tinggi:

riset-keyword-dengan-search-volume

Note: Contoh diatas saya menggunakan tools Ubbersuggest.Sebenarnya dulu ini gratis,namun sekarang bisa digunakan gratis namun fiturnya terbatas,jika ingin menggunakan fitur yang lengkap anda dapat membelinya dengan sistem langganan dan juga lifetime.

3.Perhatikan Keyword Density

Kerapatan keyword atau yang sering disebut keyword density juga merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam konten terhadap ranking anda dimesin pencarian.

Apa itu keyword density?

Keyword density adalah suatu persentase kepadatan pengulangan fokus keyword.Tidak ada persentase keyword yang potensial ataupun ideal,yang pasti tidak boleh terlalu rapat dan juga tidak boleh terlalu sedikit.Intinya adalah konten tetap nyaman dibaca dan terstruktur.

Perlu diketahui,bahwa pada tahun-tahun sebelumnya itu artikel yang memiliki kerapatan keyword yang tinggi atau pengulangan keyword yang padat akan langsung berada dihalaman pertama Google.Akan tetapi,dari tahun 2019 sampai tahun selanjutnya,artikel seperti ini akan langsung masuk halaman 100 Google dan mungkin rankingnya akan lebih rendah lagi.

Ini adalah contoh artikel yang presentase kepadatan keywordnya terlalu tinggi.

contoh-keyword-density

Pada contoh diatas,dapat dilihat bahwa dalam satu paragraf,artikel tersebut mengulang fokus keyword sebanyak 7 kali hanya dalam beberapa kata dan artikel tersebut terlihat sangat tidak nyaman sekali dibaca oleh pengunjung nantinya.

Oleh karena itu,dalam membuat konten artikel atau sebelum mempublish konten yang anda buat kepada publik,coba perhatikan dahulu kerapatan keyword yang ada di konten anda.Selain itu,coba anda baca-baca ulang dan perhatikan lebih detail lagi,apakah artikel yang anda buat sudah SEO friendly dan nyaman dibaca oleh pengunjung.

4.Buat Judul yang Mengandung Fokus Keyword

Setelah memperhatikan keyword density,selanjutnya adalah anda juga harus memperhatikan judul dari artikel konten yang anda buat,apakah judul tersebut ada mengandung fokus keyword yang sudah kita tentukan atau belum.Karena,dengan judul yang mengandung fokus keyword tersebut akan mudah ditelusuri oleh mesin pencari dan lebih berpotensi muncul dihalaman pertama hasil pencarian.

Akan tetapi,biasanya ada sebagian orang-orang yang terlalu memaksakan hal ini dan juga disebabkan kurangnya pengetahuan tentang membuat judul yang menarik,namun tetap memperhatikan kaidah SEO yang baik.

Membuat judul walaupun mengandung fokus keyword dalam sebuah konten,namun tidak menyesuaikan dengan kaidah SEO dan sulit untuk dimengerti,tidak akan bisa masuk peringkat pertama hasil pencarian dan mungkin akan diberi ranking yang rendah.

5.Gunakan Angka Pada Judul

Membuat angka pada judul sebenarnya merupakan hal tidak wajib,hal ini kembali tergantung konten yang kita buat,apakah sesuai judul konten yang kita buat menggunakan angka atau tidak.Namun,pada dasarnya orang-orang biasanya akan lebih tertarik untuk melakukan klik terhadap konten yang menggunakan angka pada hasil pencarian.

Memang tidak semua jenis konten artikel dapat menggunakan angka pada judul.Namun,ada cara alternatif bagaimana judul konten yang tidak sesuai jika menggunakan angka,bisa menggunakan angka.Salah satu cara yang cukup efektif adalah menggunakan tahun.

Misalkan saja,anda membuat artikel panduan WordPress,nah cobalah untuk membuat judul menggunakan tahun terbaru,contohnya:

Panduan WordPress dari A-Z Terlengkap (Edisi 2021)“.

6.Buat Copywriting yang Menarik dalam Judul

Tahukah anda jika teknik copywriting yang bagus,akan mengundang orang-orang untuk melakukan klik terhadap website anda.Tak usah jauh-jauh,kita saja jika melihat sebuah promosi ataupun informasi,tentu melihat bagaimana seorang publisher membuat judul yang menarik sesuai dengan informasi yang ingin kita cari.

Mengapa sih harus menulis copywriting yang bagus?Karena,pengunjung itu butuh diyakinkan dengan website yang memang mereka pilih untuk menemukan informasi yang sedang mereka cari.

Oleh karena itu,anda sebagai pemilik website sebisa mungkin harus membuat copywriting judul yang menarik agar orang dapat meyakinkan website anda dapat menjawab informasi yang diinginkan oleh pengunjung.

Berikut adalah contoh website yang menggunakan copywriting yang mengundang klik,disini saya mencoba menggunakan keyword teknik closing.

contoh-copywriting

Baca juga: Apa itu Copywriting? Pengertian dan Contohnya

7.Gunakan Kata Kunci di Deskripsi SEO

Setelah anda memahami bagaimana cara membuat copywriting dalam sebuah judul agar terlihat menarik dan tentunya SEO friendly,selanjutnya adalah membuat deskripsi yang akan muncul sebagai perwakilan dari isi website anda dan yang akan tampil dihasil pencarian.

Jika anda sudah menyematkan setidaknya satu keyword di deskripsi konten yang anda buat,maka potensi konten anda untuk meraih ranking pertama Google akan lebih besar.

Berbeda jika anda tidak menggunakan fokus keyword di deskripsi konten anda,mesin pencari mungkin akan kesulitan memahami apa isi suatu konten yang ada di website anda,dan kemungkinan besar Google juga akan memberikan ranking yang rendah terhadap website anda.

Sebagai contoh,dapat anda lihat sebagai berikut:

contoh-fokus-keyword-di-deskripsi-meta-seo

Pada contoh tersebut,dapat kita lihat bahwa website-website yang muncul dihalaman teratas Google,rata-rata mereka selalu menyematkan keyword di deskripsi konten mereka agar dapat mudah tampil dihasil pencarian.Selain itu,konten terlihat lebih rapi,dan jelas.

8.Buat URL Pendek dan Mengandung Keyword

Masih ada kaitanya dengan judul,agar konten yang anda buat lebih mudah ditelusuri mesin pencarian Google,maka sebisa mungkin anda membuat permalink atau URL yang mengandung keyword yang anda fokuskan dan buatlah URL yang pendek,namun langsung to the point dengan keyword yang ingin disematkan.Dengan begitu,konten di website anda dapat lebih mudah tampil dihasil pencarian.

Namun,tak memungkinkan juga untuk anda membuat URL yang panjang dan tetap menyematkan keyword yang anda fokuskan.Adapun saran panjang kata URL yang maksimal adalah 75 karakter,usahakan jangan lebih dari maksimal angka tersebut agar lebih SEO friendly dan Google dapat dengan mudah menelusuri konten anda.

Berikut adalah contoh website yang menyematkan URL pendek,namun to the point

contoh-penggunaan-keyword-di-url

Pada contoh gambar tersebut,dapat kita simpulkan bahwa mesin pencari memang suka URL yang pendek namun mengandung keyword dan langsung to the point terhadap materi yang ingin disampaikan.Akan tetapi,jika tidak memungkinkan maka buatlah yang panjang sedikit sesuai dengan isi konten yang anda buat.

9.Sematkan Keyword di 10% Pertama Konten

Ini juga penting untuk anda terapkan,jangan lupa untuk selalu menyematkan fokus keyword anda di 10% halaman pertama konten yang anda buat.Hal ini juga akan membuat Google lebih mudah memahami apa yang sebenarnya dibahas konten anda.

Cobalah anda buat misalkan 2 atau 3 paragraf sebelum menulis subjudul,dan dalam paragraf tersebut setidaknya sematkan 2 keyword misalkan.

Namun,pada hal ini anda juga harus tetap memperhatikan yang namanya keyword density seperti yang telah kita bahas diawal tadi,akan tetapi jangan juga anda kosongkan atau anda misalkan membuat 5 paragraf sebelum subjudul,tetapi hanya menyematkan 1 keyword saja,dan ini sangat tidak SEO friendly.

10.Sematkan Keyword di Subjudul

Selanjutya adalah menyematkan keyword di subjudul.Mungkin,bagi sebagian orang yang telah lama bergelut di dunia SEO,mungkin menganggap hal ini tidak penting.Namun sebenarnya menyematkan keyword di subjudul ini juga penting agar lebih berpotensi tampil di halaman pertama hasil pencarian Google.

Akan tetapi,dalam menyematkan keyword ke dalam subjudul juga tidak dapat dilakukan jika tidak cocok atau tidak sesuai dengan isi materi konten yang anda buat.Anda juga tidak bisa terlalu memaksakan jika tidak sesuai,karena nantinya bacaan subjudul menjadi berantakan dan kurang SEO friendly.

Jadi,kalau memang tidak memungkinkan untuk menyematkan keyword di subjudul,setidaknya buatlah 1 subjudul dihalaman pertama untuk perkenalan materi dan tentunya sesuai keyword yang anda buat.

Misalkan saja,anda membuat sebuah konten dengan judul “Cara Membuat Pempek Khas Palembang“,kemudian keyword yang anda fokuskan adalah Pempek Khas Palembang.Tentu,keyword ini sangat sulit sekali untuk disematkan dalam subjudul.

Terus,alternatifnya bagaimana?Salah satunya adalah buat 1 subjudul pengenalan,misalkan buat subjudul di awal “Mengenal Pempek Khas Palembang“,untuk subjudul selanjutnya,tidak apa-apa tidak disematkan fokus keyword.

Walaupun hanya satu,setidaknya itu dapat membantu konten anda agar lebih SEO friendly dan dapat dipahami oleh mesin pencarian seperti Google,Bing,Yahoo,Yandex,dan mesin pencarian lainnya.

11.Sematkan Keyword dalam Gambar (Alt Text)

Mengingat bahwa Google sekarang ini sudah mempunyai mesin learning yang semakin canggih,jadi sekarang orang-orang dapat mengoptimasi SEO dengan menggunakan gambar yang diatribusi dengan alt text.

Dengan kita memasukan alt text disetiap gambar yang kita upload di konten website yang kita buat,kemungkinan besar Google akan lebih memahami apa isi dari konten yang kita buat dan memberikan ranking teratas dihalaman pencarian.

Akan tetapi,perlu diperhatikan dalam hal ini anda harus memasukan atau mengatribusi alt text ke dalam gambar yang relevan dengan konten,misalkan anda membuat konten artikel tentang makanan,ya harus gambar makanan dan lebih bagus jika anda edit-edit ditambahi dengan kata-kata.

Hampir rata-rata,para pembaca itu lebih suka membaca konten yang ada gambar ketimbang tidak,jadi usahakan untuk menaruh gambar disetiap konten yang kita buat,agar terlihat lebih SEO friendly juga tentunya.

Adapun situs yang cukup populer untuk mendownload gambar gratis untuk kebutuhan website adalah sebagai berikut:

  • Unsplash
  • Pixabay
  • Pexels
  • FreeImages

12.Tautkan External Link yang Relevan

Ketika mengunjungi sebuah konten website,itu biasanya tidak semua pengunjung merasa puas dengan informasi yang mereka baca ataupun artikel yang kita buat itu belum menjawab pertanyaan yang ingin dicari si pengunjung tersebut.

Dan jika ini terjadi,biasanya mereka akan langsung keluar dari website kita dan pindah ke website kompetitor lainnya.Hal ini menyebabkan bounce rate atau rasio pantulan di website kita akan semakin tinggi dan sangat tidak SEO friendly.

Oleh sebab itu,kita sebagai owner website harus bisa melakukan tindakan terhadap hal tersebut.Salah satu caranya adalah dengan melengkapi konten dan memberikan tautan external atau yang biasa disebut external link yang relevan dengan konten yang kita bahas.

Misalkan saja,anda sedang membuat konten tentang hp Samsung,maka anda juga harus memberikan tautan external yang mirip-mirip yang harus ada kaitannya dengan handphone.

Selain itu,sebelum memberikan tautan external,anda juga harus memperhatikan authority site dari website yang anda akan berikan tautan external tersebut.

Adapun authority yang harus anda perhatikan adalah domain authority dari website yang akan anda tautkan.Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan SEO website anda agar di nilai bagus oleh pandangan Google.

Terus,cara mengecek domain authoritynya gimana?Tenang,anda bisa ikuti panduan berikut!

mengecek-domain-authority

  • Setelah itu anda klik tombol yang ada dibawahnya “Check Authority
  • Jika sudah,maka akan muncul hasil seperti dibawah ini

cara-check-domain-authority

Dapat kita lihat dari hasil gambar tersebut,bahwa websitenya alona.co.id milik Rico Huang,memiliki domain authority 30.Ini sudah lebih dari cukup jika teman-teman sekalian ingin menautkan link eksternal ke website alona ini jika anda memang memiliki konten yang relevan.

Saran saya,jika nilai domain authorityny dibawah 20 atau dibawah 10,jangan anda berikan tautan eksternal link karena akan berpengaruh terhadap SEO website anda.

13.Tautkan Internal Link

Nah setelah anda sudah dapat memberikan tautan eksternal link yang relevan dengan konten yang anda buat,selanjutnya adalah dengan memberikan internal link yang juga berfungsi mengurangi bounce rate atau rasio pantulan yang terjadi di website anda.Bagi anda yang belum tahu,internal link adalah sebuah tautan yang menuju dari konten 1,ke konten 2 yang ada pada website anda.

Sama seperti sebelumnya,anda juga harus menautkan internal link yang relevan dengan konten yang anda buat.Misalkan saja anda sedang membuat konten tentang digital marketing,maka internal link yang ingin anda tautkan di website anda,harus ada kaitanya walaupun beda-beda tipis.

Untuk banyaknya jumlah tautan internal ini tergantung panjang karakter kata yang anda buat,yang penting tautkan internal link sejawarnya saja.

14.Gunakan Tema Ringan dan SEO Friendly

Hal yang harus anda ketahui agar website anda disukai oleh mesin pencarian adalah anda menggunakan tema yang ringan dan memiliki user interface yang rapi dan enak di baca.

Dalam kasus ini,anda bebas untuk memilih tema apa saja yang menurut anda bagus atau yang anda sukai.Akan tetapi,hal yang perlu anda ingat adalah anda tidak boleh menggunakan terlalu banyak konsep,misalkan di samping konten anda menaruh 10 widget yang kurang penting,atau menggunakan animasi terlalu banyak,sehingga membuat loading website anda semakin lemot.

Ingat,kecepatan website merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk mesin pencarian melakukan penentuan,apakah konten artikel yang anda buat sudah layak untuk menempati halaman pertama.Bahkan,menurut riset,pengunjung akan kabur jika loading website melebihi 5 detik,bahkan kurang.

Oleh karena itu,gunakan saja tema yang sederhana,agar tampilan website anda memiliki user experience yang baik.

Baca juga: 20+ Marketplace Terbaik Untuk Membeli Template WordPress Premium

15.Buat Artikel yang Panjang,Lengkap & Jelas

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya,bahwa terkadang konten artikel yang kita buat belum tentu 100% membuat pengunjung itu puas dengan apa yang mereka baca dan simak terhadap konten yang kita buat,walaupun terkadang kita sudah melakukan riset beberapa kali,bahkan mengulan tulisan tersebut beberapa kali namun masih saja ada yang kurang.

Dalam dunia blog,itu kita tidak bisa hanya berfokus pada mencari uang saja,namun hal penting yang dapat kita lakukan dalam memiliki blog itu adalah berbagi ilmu yang kita miliki.Jadi,dalam memiliki blog dan membuat konten itu kita tidak boleh pelit dalam menyampaikan apa yang kita tahu.

Oleh karena itu,sebisa mungkin kita membuat konten artikel yang panjang.Adapun minimal panjang kata yang disarankan agar tetap SEO friendly adalah 600 kata dan maksimalnya bebas,entah itu 2000 kata,5000 kata,bahkan lebih banyak lebih bagus.

Tak cuma kata yang panjang,anda juga harus membuat konten artikel yang lengkap,apalagi jika judulnya saja sudah panduan lengkap,maka berarti anda harus membuat konten yang lengkap.Selain itu,konten yang anda buat juga harus rapi,perhatikan font yang anda gunakan dan setiap baris paragraf yang telah anda kemas agar terlihat jelas dibaca oleh publik.

16.Tambahkan Gambar atau Video

Membuat konten yang panjang saja tidak cukup,tentunya pengunjung akan merasa bosan jika materi yang disajikan hanya berupa tulisan saja,tanpa ada tambahan media visual yang dapat menarik perhatian.

Hampir 90% orang-orang lebih menyukai media yang mempunyai tampilan visual menarik seperti gambar dan video.Bahkan,sebuah konten video yang menarik akan mendominasi media sosial untuk di lihat oleh banyak orang.

Oleh sebab itu,sebisa mungkin anda sebagai website owner,memberikan konten artikel yang tidak hanya panjang,lengkap,dan jelas saja,namun juga menyajikan media visual menarik yang dapat membuat orang-orang suka dengan cara penyajian konten anda yang SEO Friendly.

Namun,salah satu masalah yang sering di keluhkan adalah jika mengupload video,akan memakan banyak resource disk space dari hosting,yang mana akan membuat loading website terasa berat.Oleh karena itu,disini saya ingin menyarankan jika anda ingin mengupload video,gunakan saja embed dari YouTube agar tidak memakan resource hosting anda.Adapun cara embednya dapat anda ikuti panduan disini.

Baca juga: Rank Math vs Yoast SEO: Mana Plugin SEO Terbaik?

17.Buat Paragraf yang Pendek dan Rapi

Selain memilih font yang bagus agar tulisan dapat dibaca,anda juga harus bisa memperhatikan tentang baris paragraf yang ada dari setiap konten yang ingin anda sajikan.Apalagi sekarang ini,Google lebih memprioritaskan website untuk pengguna mobile,yang artinya konten yang ada di website anda tidak hanya terlihat SEO friendly saja,namun juga harus mobile friendly.

Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya pengguna handphone,jadi kebanyakan orang mencari informasi itu menggunakan handphone,bukan desktop.

Sebagai owner website,tentu kebanyakan kita menggunakan pc untuk menulis konten artikel website,tentunya paragraf yang kita buat pendek akan tampil pendek di desktop,namun jika di akses mobile,bisa jadi paragraf tersebut akan terlihat panjang.

18.Gunakan Table Konten

Menggunakan table di setiap konten anda dapat membuat tampilan konten lebih terstruktur dan dapat memudahkan mesin pencarian untuk memahami lebih detail apa yang sedang dibahas dalam konten anda.

Selain itu,biasanya website-website yang memiliki table pada konten mereka,lebih berpotensi muncul di halaman teratas hasil pencarian.

Dibawah ini saya mencoba mencari informasi dengan mengetikan kata kunci “tips awet muda“.

contoh-table-of-content

Dalam contoh gambar tersebut dapat kita simpulkan bahwa table memang dapat membuat sebuah konten lebih terstruktur dan memudahkan mesin pencarian untuk menelusuri konten kita.Namun,biasanya juga walaupun tidak menggunakan table tapi artikelnya berkualitas,bisa juga tampil dengan terstruktur seperti contoh diatas.

Bagi anda pengguna wordpress,anda tidak perlu ribet atau pusing lagi untuk selalu membuat table disetiap konten anda.Cukup install plugin saja sudah otomatis akan selalu tampil dihalaman atas sebelum subjudul.Disini,saya merekomendasikan anda untuk memilih 2 jenis plugin table of content,yaitu:

Baca juga: 10+ Plugin Forum WordPress Terbaik dengan Fitur yang Lengkap

19.Pastikan Artikel Menjawab Pertanyaan Pembaca

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya,bahwa dalam membuat artikel itu kita harus membuatnya secara lengkap,panjang,dan rapi.

Selain itu,sebisa mungkin konten artikel yang anda buat tersebut dapat membantu menjawab apa yang ingin dicari oleh si pengunjung yang telah membaca artikel anda tersebut.Tentunya artikel yang SEO friendly yang dapat menunjang pengunjung betah diwebsite anda.

Maka dari itu,dalam membuat website itu sebisa mungkin niche website sesuai dengan kemampuan ilmu yang kita miliki.

Misalkan anda sangat ahli dalam bidang makanan atau kuliner,maka buatlah website tentang kuliner-kuliner yang ada di Indonesia atau luar negri,jangan anda buat niche website tentang otomotif,kan itu tidak sesuai dengan ilmu yang anda miliki dan anda menjadi sulit membuat ide konten yang rutin.

20.Artikel Original (Tidak Copy-Paste)

Hal ini sangat sering terjadi pada kalangan blogger,yang mana jika mereka kehabisan ide konten akan melakukan teknik copas (copy-paste) artikel dari website kompetitor lain yang relevan.Artikel copas tentu akan memperburuk kualitas website anda di mesin pencarian,karena pada dasarnya Google sangat tidak menyukai hal ini.

Meskipun suatu saat anda sedang kehabisa konten,sebisa mungkin jangan melakukan copy paste artikel dari website lain.Lebih baik anda menulis satu artikel saja dalam seminggu,tetapi artikel original dari hasil pemikiran anda,daripada anda membuat artikel satu hari 1 tapi copas.

Bahkan,kemungkinan besar website anda akan dinilai buruk oleh Google dan diberikan ranking yang sangat jauh sekali.

Baca juga: 10+ Plugin WordPress Untuk Toko Online Terbaik

21.Buat Konten Secara Rutin & Konsisten

Nah,ini merupakan salah satu hal yang sering dipermasalahkan oleh para blogger,khususnya para blogger pemula yang masih awam dan bingung untuk membuat konten apa.

Konsisten,merupakan salah satu hal yang mudah untuk di ucapkan,namun sangat sulit untuk dikerjakan,makanya sering kali banyak orang yang gagal ingin menjadi blogger,karena ketidakmampuan mereka untuk konsisten membuat konten.

Apalagi sekarang ini persaingan pemain blog sudah semakin banyak dan ketat,sehingga terkadang membuat blogger pemula merasa down dan tidak semangat,bahkan mereka yang sudah lama bermain blogpun terkadang bisa merasa down karena kehabisan ide konten.Karena,membuat artikel yang SEO friendly itu memanglah tidak mudah.

Disini,saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara mencari ide konten agar anda juga tidak sampai kehabisan ide dan dapat melakukan update konten secara rutin.

Berikut adalah tips mencari ide konten menarik:

  • Membaca Buku atau Ebook (Pdf)
  • Mengikuti Seminar
  • Baca Microblog di Instagram
  • Blog Walking (Jalan-jalan ke Blog lain)
  • Ikut forum-forum
  • Membaca situs tanya-jawab di Quora.com

Anda juga dapat menonton video tentang seo friendly berikut

Kesimpulan:

Nah,itu tadi adalah tips-tips bagaimana cara menulis artikel SEO friendly dan berkualitas .Bagi anda pengguna WordPress,biasanya kebanyakan menggunakan cara yang lebih mudah,yaitu menggunakan plugin-plugin SEO yang dapat membantu membuat setiap artikel di website mereka.

Mungkin,sampai sini saja dahulu pembahasan kita kali ini,mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang telah membaca sampai ke titik ini.Next akan kita bahas lebih dalam lagi mengenai SEO.

Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya yang ada di website ini ya teman-teman,silahkan bagikan jika bermafaat.

Terima kasih,

Wassalam.

Gambar Gravatar
Seorang Muslim Entreprenur & Pemuda Milenial yang hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangkaian tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *