featured-image-cara-mendapatkan-uang-dari-youtube-terlengkap

√ Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah

Diposting pada

Redstrixcom – Gimana sih cara mendapatkan uang dari YouTube itu?Apakah mencari uang dari YouTube itu gampang atau malah sebaliknya susah.

Anda yang membaca artikel ini,tentu saja anda memiliki niat untuk menjadi seorang YouTuber,atau anda adalah seorang YouTuber yang sudah sukses.

Seringkali orang-orang tergiur ketika melihat penghasilan para master yang sudah lama bermain di dunia YouTube,yang penghasilannya mencapai hingga ratusan juta setiap bulannya.

Apalagi penghasilan para artis yang sudah tenar,ada yang mencapai hingga milyaran rupiah.

Oleh karena itu,banyak orang-orang yang ingin mencoba menjadi seorang YouTuber agar mendapatkan penghasilan yang serupa.

Pada materi kali ini,kami akan memberikan beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube yang kemungkinan besar belum anda ketahui.

3 Alasan Mendapatkan Uang Dari YouTube

Mengapa sih harus YouTube?Kenapa gak media internet yang lainnya saja.

Ada beberapa faktor yang membuat YouTube menjadi salah satu media internet yang paling banyak di sukai oleh pengguna di dunia saat ini.

Berikut adalah beberapa alasannya:

1.Memiliki Pengguna Terbanyak

Tahukah anda,bahwa sekarang ini YouTube mendominasi peringkat awal,yaitu media internet yang paling banyak di kunjungi setiap hari dan bulannya.

Hampir setiap hari ada ribuan bahkan jutaan pengunjung yang membuka halaman YouTube tersebut.

Tidak usah pengguna yang ada di seluruh dunia,cukup pengguna di Indonesia saja sudah sangat banyak sekali pengguna YouTube ini.

Maka dari itu,ini adalah kesempatan emas yang sangat berharga sekali untuk dapat mempromosikan suatu produk atau menghasilkan uang dari iklan,karena potensi yang didapatkan sangatlah besar.

Kesempatan ini dapat anda gunakan,terlebih bagi anda yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube.

Baca juga: 15+ Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil Terbaik

2.YouTube Telah Mengalahkan Televisi

Sebagaimana yang kita lihat sekarang ini,bahwa orang-orang sudah mulai banyak melupakan televisi dan beralih menggunakan YouTube sebagai alat tonton mereka.

Hal ini mungkin wajar terjadi,di karenakan alasan yang sering kita dapatkan adalah di YouTube itu videonya dapat di putar ulang,sedangkan di televisi itu tidak bisa dan akan terus bersambung ke episode selanjutnya.

Selain itu,ada juga sebagian pengguna yang ingin flashback dengan film-film atau video yang ada pada zaman dahulu.

Terkadang,kita ingat masa lalu dan ingin mencari video masa dahulu untuk mengenang kembali.Kemungkinan di YouTube video tersebut akan tersedia,dan sayangnya di televisi tidak ada fitur seperti ini.

Baca juga: 10+ Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan

3.Bisa Menjadi Pasive Income

Tidak hanya sebagai penghasilan tambahan,sudah banyak sekali orang-orang yang pekerjaan sehari-harinya hanya membuat video,kemudian mengupload ke YouTube dan di tonton orang banyak,kemudian mereka hanya duduk santai sambil menunggu penghasilan bertambah terus.

Tentu itu merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang yang berjuang dengan keras ketika pertama kali memulai.

Jika mereka serius,mereka tidak akan ragu jika harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu untuk dapat mengetahui cara mendapatkan uang dari YouTube di masa mendatang.

Jika kita lihat para YouTuber top di Indonesia seperti Rafi Ahmad, Baim Wong, Kang Sule, Atta Halilintar, dan lain-lain.Mereka itu sudah dapat menghasilkan ratusan hingga milyaran rupiah setiap bulannya.

Pada tahap ini,anda harus sadar bahwa tidak ada hasil yang instan,karena anda juga harus tahu bahwa mereka yang sudah sukses itu telah melewati masa pahit dan berjuang dari nol juga sama seperti anda sekarang ini yang masih baru memulai di dunia YouTube.

Baca juga: Apa itu Reseller? Pengertian,Contoh,dan Cara Kerjanya

5 Langkah Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Baiklah sekarang kita akan masuk ke tahap inti dari materi ini.

Secara umum,mungkin teman-teman sekalian sudah tahu bagaimana cara menghasilkan uang di YouTube ini,karena hal tersebut bukan hal yang awam lagi untuk di ketahui oleh semua orang,bahkan banyak juga anak-anak yang sudah mengetahui dan mencoba memulai karir mereka di YouTube sebagai content creator.

Berikut adalah cara mendapatkan uang dari YouTube:

1.Membuat Channel YouTube

Langkah pertama yang harus anda lakukan tentu saja memiliki akun channel YouTube anda pribadi.Tujuannya adalah agar anda dapat mengupload video-video yang ingin anda publikasikan dengan para penonton nantinya.

Untungnya,untuk membuat akun dan channel YouTube sendiri itu sangatlah mudah dan tentunya gratis tanpa di minta bayar sepeserpun.

Jika anda belum memiliki akun YouTube,anda bisa membuat gmail terlebih dahulu.Jika sudah,anda dapat membuat channel anda langsung di halaman YouTube.

Setelah itu anda akan di teruskan ke halaman beriktunya untuk mengisi tentang nama channel dan deskripsi channel anda nantinya.

Baca juga: 8 Cara Mengatur Waktu agar Produktif Setiap Saat

2.Tentukan Niche Channel YouTube

Langkah kedua cara mendapatkan uang dari YouTube,yaitu menentukan niche atau kategori tentang apa yang akan di bahas dalam channel anda nantinya.

Jika kita lihat di YouTube,itu hampir semua niche video sudah ada channelnya masing-masing.

Sehingga terkadang para pemula yang ingin memulai di dunia YouTube ini merasa kebingungan untuk memilih niche apa.Karena mendatangkan penonton itu bukanlah hal yang mudah.

Namun jangan khawatir,walaupun hampir semua niche sudah ada yang membuat channelnya,anda tetap dapat mengikuti dan bersaing dengan mereka.

Asalkan dengan satu syarat,anda memang memiliki niat, tekad, dan kemauan yang tinggi agar dapat mendominasi di tonton oleh banyak orang.

Berikut adalah beberapa niche YouTube yang memiliki peminat tinggi:

1.Unboxing/Review

Siapa nih disini yang suka lihat review di YouTube dulu sebelum membeli barang?

Hampir semua orang tidak ingin merasa salah beli ketika memilih suatu barang.

Sebuah testimoni saja tidak cukup untuk meyakinkan dan menjelaskan keadaan suatu barang atau produk.Maka dari itu,banyak yang menghadirkan channel Unboxing untuk dapat menjelaskan barang-barang yang tersedia.

Oleh sebab itu,peminat video unboxing atau review ini sangatlah tinggi dan banyak di sukai orang-orang,terlebih yang suka belanja online pasti melihat di YouTube terlebih dahulu.

Jadi,menurut saya walaupun sudah banyak channel yang mengambil niche ini,namun potensi channel baru juga sangat tinggi peminatnya.

Asalkan anda memiliki nilai tambah tersendiri,yaitu berbeda dari yang lainnya,entah dari cara penyampaian dan lain-lain.

Baca juga: 10+ Cara Menghadapi Kegagalan dengan Mudah

2.Tutorial

Anda punya banyak ilmu dan skill,namun tidak tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari skill anda tersebut.

Jika anda sering mencari tahu suatu permasalahan,maka salah satu tujuan yang paling tepat adalah mencari solusi dari permasalahan tersebut di YouTube.

Tidak sedikit orang yang menerapkan hal tersebut,terlebih dalam bidang teknologi sekarang ini.

Ada banyak sekali jenis tutorial yang dapat anda buat.Dan rata-rata semuanya pasti ada peminat dan penontonnya.

Semuanya dapat dilakukan sesuai dengan hobi dan skill yang anda miliki.

Contoh video tutorial yang dapat anda buat adalah:

  • Memasak
  • Olahraga/GYM
  • Editing
  • Teknisi Komputer
  • Internet
  • Bisnis

Sebenarnya masih ada banyak lagi tutorial yang dapat anda buat,semuanya itu kembali lagi kepada minat dan bakat teman-teman sekalian agar lebih mudah membuat tutorialnya.

Baca juga: 10 Rahasia Tips Sukses Ala Bill Gates

3.Video Animasi

Nah,jenis niche ini sangat cocok bagi anda yang suka atau punya skill bikin animasi,untuk di tayangkan secara umum.

Umumnya, konten animasi ini jika karyanya sangat bagus,maka akan mendapatkan lebih banyak penonton dan rata-rata orang sangat menyukai video animasi.

Namun tentunya video animasi yang bermanfaat,entah itu humor bercampur dengan edukasi,seperti animasi Upin-Ipin.

Akan tetapi,biasanya agar lebih mudah dalam pembuatan video animasi ini,anda di sarankan untuk memiliki team,karena akan kewalahan jika sendirian.

Jika anda memang low budget,anda dapat membuat animasi pendek saja seperti Dalang Pelo,Animasi Nopal,dan lain-lain.

Baca juga: Apa itu Supplier? Pengertian,Contoh, dan Cara Kerjanya

3.Buat Video & Upload

Langkah selanjutnya adalah membuat video sesuai dengan niche yang telah anda tentukan.

Nah pada tahap ini,berarti anda telah melakukan tahap upload video,yang mana kretifitas karya video yang anda buat akan di tampilkan secara publik.

Sebelum itu,usahakan setiap kali ingin mengupload untuk memeriksanya terlebih dahulu,apakah video tersebut sudah layak untuk ditampilkan atau tidak.

Untuk minimal waktu upload ini,YouTube sendiri tidak mewajibkan creator mereka untuk harus mengupload video setiap hari,ini tergantung kemampuan dari si pemilik channel sendiri.

Namun jika anda memang sanggup untuk membuat dan mengupload setiap hari,ini akan menjadi nilai tambah dan kemungkinan besar anda akan lebih mudah di kenal oleh banyak penonton.

Baca juga: 10+ Supplier Dropship Terpercaya & Terbaik

4.Konsisten

Nah,pada tahap ini biasanya orang-orang mulai menyerah,karena terkadang mereka tidak sanggup rutin atau konsisten membuat dan mengupload video.

Terkadang,ide itu tidak bisa di tebak akan muncul setiap hari,ada kalanya kita itu down dan ide itu sangat sulit untuk di dapatkan.Akhirnya,tidak ada upload selama beberapa hari sampai 1 bulan penuh.

Akibatnya,view atau penonton setia yang telah subscribe ke channel anda menurun secara perlahan karena tidak ada video baru yang di tampilkan.

Maka dari itu,saya lebih menyarankan anda untuk memilih niche yang sesuai dengan hobi atau kesukaan anda,karena biasanya ide itu akan lebih mudah muncul untuk membuat video kreatif lainnya.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan Pada Saat Pandemi

5.Monetisasi

Tahap terakhir yaitu hal yang paling di tunggu-tunggu,yaitu monetisasi channel YouTube anda untuk dapat memulai menghasilkan uang dari kerja keras anda selama ini.

Mungkin ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube yang umum di ketahui.

Ketika anda telah memenuhi syarat,yaitu 1000 Subscriber dan 4000 jam tayang,maka anda sudah bisa mengajukan monetisasi channel anda untuk menjadi patnership YouTube.

Nanti anda akan mendapatkan uang dari iklan yang di tampilkan oleh Google AdSense,yang mana platform ini merupakan platform periklanan terbesar di dunia.

Berbicara tentang monetisasi YouTube,itu sebenarnya gampang-gampang susah sih,semuanya kembali lagi kepada creator video itu sendiri bagaimana mereka membuat karya.

Selain itu,untuk tahun dahulu itu untuk monetisasi YouTube ini memang dapat dikatakan cukup mudah,tidak terlalu banyak memiliki syarat.

Namun,sejak beberapa tahun ini,YouTube selaku milik Google banyak membuat aturan baru yang cukup ketat,sehingga tidak bisa salah sedikit channel anda bisa di banned oleh pihak mereka.

Oleh karena itu,sering-seringlah membaca pedoman komunitas YouTube mereka,agar channel anda tetap aman.

Baca juga: 5 Resiko Pengusaha Ketika Menjalankan Bisnis

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Tanpa AdSense

Secara umum,mungkin orang-orang hanya mengetahui bahwa penghasilan dari YouTube itu hanya dari Google AdSense atau program periklanan.

Padahal,ada beragam cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk dapat menghasilkan uang dari YouTube tanpa AdSense.

Namun,kebanyakan orang hanya bertumpu pada penghasilan dari AdSense saja,tanpa ingin mengetahui bahwa ada banyak cara lainnya yang dapat anda hasilkan.

1.Program Patnership YouTube

Sebelumnya,kita telah membahas salah satu program patnership YouTube,yaitu penghasilan dari iklan.

Akan tetapi,perlu anda ketahui bahwa ada beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube lainnya dalam program patnership YouTube ini.

Program ini di buat mereka,agar para kreator video yang memiliki channel tidak hanya berpatokan pada penghasilan dari iklan saja,mereka juga dapat menggunakan cara lainnya untuk bisa mendapatkan uang.

Berikut adalah beberapa program patnership YouTube yang dapat anda ikuti:

  • Langganan Channel – Para pelanggan atau subscriber anda dapat melakukan pembayaran berulang dalam hitungan bulanan,dengan imbalan menguntungan khusus yang telah anda tawarkan
  • Penghasilan YouTube Premium – Anda akan mendapatkan komisi dari biaya langganan YouTube Premium ketika ada pelanggan yang menonton konten anda
  • Galeri Merchandise – Bagi pelanggan yang sangat menggemari konten anda,mereka dapat membeli merchandise bermerek resmi yang di tampilkan pada konten video anda
  • Super Chat & Super Stickers – Bagi pelanggan yang menggemari konten anda,mereka harus membayar agar pesan yang mereka kirimkan dapat di perjelas pada streaming chat

Itulah tadi beberapa program patnership YouTube yang dapat anda lakukan.

Jadi,anda tidak harus berpatokan pada penghasilan dari iklan AdSense saja,mungkin dahulu memang penghasilan YouTube hanya dari iklan saja,namun seiring berjalannya waktu Google telah mengupdate dan memperbarui sistem mereka.

Baca juga: 5+ Tips Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

2.Affiliate Marketing

Cara mendapatkan uang dari YouTube selain AdSense berikutnya adalah menjadi seorang affiliate marketer.

Cara kerja yang satu ini merupakan salah satu pekerjaan yang cukup banyak di minati oleh berbagai kalangan muda maupun tua,khususnya bagi mereka para internet marketer yang memiliki banyak pemahaman tentang dunia marketing di internet.

Pada dasarnya,affiliate ini adalah pekerjaan yang cukup mudah untuk di kerjakan.Anda tidak perlu melakukan stok produk ataupun memiliki gudang penyimpanan.

Anda hanya perlu ikut program affiliate yang di sediakan oleh kreator produk digital,kemudian mendaftar dan menyebarkan link referal untuk membeli produk tersebut.

Adapun simulasi singkat cara kerja affiliate ini adalah sebagai berikut:

Jika ada seseorang yang membeli melalui link referal atau menggunakan kupon dari anda,maka akan akan mendapatkan komisi setiap penjualan dan jumlahnya tergantung kebijakan owner dan banyaknya produk yang terjual dari produk anda.

Anda terlebih dahulu harus menjadi kreator produk digital untuk dapat menjadi seorang affiliate marketer.

Penghasilan pekerjaan ini juga cukup menggiurkan.Semakin banyak orang yang membeli dari link referal anda,maka komisi yang di berikan kepada anda juga semakin banyak.

Baca juga: 20 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula Terlengkap

3.Endorsement

Cara mendapatkan uang dari YouTube selain AdSense berikutnya adalah endorsement.Pernahkah anda mengenal istilah endors ini?

Jadi,secara singkatnya endorsement ini adalah anda misalkan sudah sangat tenar atau terkenal di YouTube,bisa mendapatkan uang dengan cara mempromosikan produk brand merek terkenal.

Kemudian anda membuat video promosi dalam awal atau akhir konten video anda di YouTube dan membuat audience banyak tertarik untuk membeli.

Ketika selesai,baru anda dibayar sesuai dengan perjanjian yang telah anda buat dengan si pemilik brand tersebut.

Namun,dalam mendapatkan endorsement dari produk brand terkenal ini membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Anda setidaknya sudah memiliki audience dan subscriber yang banyak dan dirasa sudah banyak di kenal orang,baru anda bisa mendapatkan endorsment dari brand ternama dan bisa mendapatkan komisi yang besar seperti para artis.

Selain itu,anda juga harus mengetahui kesalahan pertama kali ketika mengendorse produk di sosial media,khususnya di Instagram.

Anda bisa simak video berikut dari kang Dewa Eka Prayoga

4.Influencer Marketing

Cara mendapatkan uang dari YouTube selain AdSense berikutnya adalah Melakukan influencer marketing .

Untuk memulai influencer marketing ini,setidaknya anda telah memiliki banyak subscriber pada channel YouTube anda agar dapat lebih mudah untuk mendapatkan lebih banyak audience.

Hal ini berbeda dengan penghasilan Google AdSense,yang mana influencer ini penghasilannya bisa anda dapatkan 100% masuk ke kantong anda tanpa potongan apapun.

Anda dapat mengirimkan pesan email atau mengontak brand-brand ternama untuk mensponsori video yang sudah dibuat.

Selain itu,video sponsor yang dibuat haruslah memehuhi kebijakan pedoman yang dibuat oleh YouTube.

Anda juga harus membuat video tersebut terlihat menarik di mata audience agar tingkat ketertarikan mereka tinggi.Jangan membuat asal-asalan yang penting ada,karena nantinya akan merugikan anda sendiri.

Baca juga: Apa itu Startup dan Bagaimana Perkembangan Startup di Indonesia

5.Menjual Jasa/Freelance

Cara mendapatkan uang dari YouTube selain AdSense berikutnya adalah menjual jasa atau seorang freelancer.

Terkhusus bagi anda yang merupakan seorang freelancer atau menjual jasa di website pribadi maupun di marketplace,anda dapat menggunakan YouTube sebagai media perantara promosi jasa anda.

Walaupun anda tidak mengandalkan AdSense sebagai penghasilan channel YouTube anda,namun anda akan mendapatkan penghasilan dari anda menawarkan jasa dengan visual video yang menarik anda promosikan di channel anda sendiri.

Di Indonesia sendiri,ada banyak sekali para freelancer yang memanfaatkan hal ini untuk memperluas jaringan menjual jasa mereka.Bahkan,karena saking kreatif videonya,mereka juga bisa mendapatkan uang dari AdSense secara perlahan.

Berikut adalah beberapa Freelancer sekaligus Microstocker yang mengandalkan YouTube sebagai media tambahan promosi mereka:

  • Yoko Bomb – Siapa sih yang tak kenal orang ini,ia merupakan salah satu panutan yang cukup sukses berkarir di dunia Freelancer,khususnya di marketplace Fiverr
  • Yusuf Sangdes – Yang satu ini juga merupakan panutan banyak orang,ia merupakan seorang profesional designer yang membuka jasa di Fiverr dan merupakan Brand Ambassador Freepik
  • Fajrul Islam – Dia merupakan microstocker yang banyak memberikan ilmu di medsos,khususnya di bidang Fotografi dan tips seputar microstock
  • Erwin Wirapratama – Beliau ini juga merupakan salah satu Freelancer designer di Fiverr dan salah satu orang yang sukses di bidang Microstock

Mungkin,masih ada banyak beberapa lagi Freelancer maupun Microstock yang mengandalkan YouTube untuk media promosi dan berbagi mereka.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Android

Ini adalah tips tambahan yang akan kami berikan kepada anda,khususnya yang tidak memiliki laptop ataupun komputer.

Siapa bilang menjadi seorang YouTube itu hanya mereka yang mempunyai Laptop ataupun komputer saja?

Banyak kok yang hanya mengandalkan andorid mereka untuk tetap dapat berkarya di YouTube.Bahkan,ketika mereka sukses pun tetap menggunakan handphone mereka untuk membuat konten di YouTube.

Berikut adalah cara mendapatkan uang dari YouTube dengan android:

1.Memilih Niche

Sama seperti sebelumnya,untuk dapat memulai membuat konten anda di YouTube,hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan niche konten apa yang akan anda buat nantinya.

Namun,perlu di perhatikan juga,bahwa membuat konten di anroid ini memanglah cukup terbatas hal-hal yang dapat anda lakukan.Tidak sama dengan mengunakan laptop ataupun komputer,jadi anda harus bisa menyesuaikannya.

Adapun niche yang dapat anda pilih untuk membuat konten dari android adalah:

  • Vlog
  • Unboxing
  • Tutorial
  • Streaming Game
  • Tips & Trick

Anda bisa memilih salah satu niche yang cocok di atas.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Harus di Hindari Ketika Memulai Bisnis Online

2.Mengedit & Upload Konten Video

Langkah selanjutnya adalah,anda harus membuat video anda semenarik mungkin,kemudian baru di upload ke channel YouTube anda.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya,bahwa proses mengedit video di android ini berbeda dengan laptop atau komputer.

Anda harus lebih bersabar menunggu,apalagi jika video anda dengan durasi panjang sedangkan handphone anda memiliki RAM yang kecil.

Adapun untuk aplikasi editing video andorid yang sangat saya sarankan adalah KineMaster.

Untuk itu,buatlah video yang sedang atau singkat,namun langsung to the point terhadap apa yang ingin anda sampaikan.

Karena,terkadang juga penonton itu banyak yang mencari durasi pendek jika konten anda seperti tutorial atau tips and tricks.

Walaupun demikian,saya memang lebih menyarankan untuk menggunakan laptop atau komputer,namun jika budget anda terbatas,tidak masalah anda gunakan saja andorid anda dahulu sampai anda memang benar-benar sukses.

Baca juga: 8 Media Promosi Terbaik Untuk Bisnis Anda

3.Konsisten

Tak dapat dipungkiri jika anda berhenti di tengah jalan ketika sudah bersusah payah membuat konten untuk channel YouTube anda.

Pada tahap ini,anda harus lebih bisa untuk tetap terus berkarya dengan mencari ide-ide cemerlang.

Maka dari itu,sebelumnya saya sangat menyarankan anda untuk membuat konten sesuai dengan hobi dan minat anda,agar tidak sampai kehabisan ide untuk membuat karya lainnya.

Baca juga: Panduan Digital Marketing Terlengkap Untuk Pemula

4.Monetisasi

Setelah anda bekerja keras mengupload video secara konsisten,dan setelah beberapa bulan berlalu akhirnya anda telah memenuhi persyaratan monetisasi YouTube,yaitu 1000 Subscriber dan 4000 Jam Tayang.

Pada tahap ini,anda cukup lega dan merasa sangat bahagia,karena kerja keras yang anda lakukan selama ini merasa telah terbayarkan oleh di terimanya program patnership tersebut.

Pada tahap ini,mungkin anda hanya akan di hadapi oleh pencarian ide yang menarik agar penonton terus bertambah.

Setidaknya anda harus menunggu lagi untuk beberapa waktu untuk dapat menerima gajih pertama dari AdSense.

Maka dari itu,anda harus bersabar lagi pada tahap ini,sampai benar-benar anda dapat gajihan setiap bulan.

Baca juga: 10+ Cara Memilih Teman yang Baik Untuk Bergaul

Tips Cara Menjadi YouTuber Sukses

Ini juga merupakan tips tambahan untuk anda yang telah membaca artikel ini sampai ke tahap terakhir ini.

Berikut adalah tips cara menjadi YouTuber sukses:

Baca juga:

Kesimpulan:

Setelah mengetahui beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube diatas,apa yang dapat anda simpulkan dari artikel yang telah kami buat ini? Jangan lupa komentar dibawah ya.

Memang menjadi seorang YouTuber sekarang ini bukanlah hal yang mudah,dikarenakan banyak sekali kebijakan peraturan yang dibuat,sehingga terkadang banyak kendala yang terjadi pada konten kreator dalam membuat konten.

Namun,bukanlah hal yang mustahil untuk sukses di YouTube ini,jika anda memang ada niat dan tekad yang kuat untuk memulainya,intinya sabar dan bekerja keras kemudian ikhtiar.

Mungkin,itu saja yang dapat saya tuliskan pada artikel ini,next akan saya bahas lebih banyak lagi konten yang bermanfaat tentang YouTube dan lainnya

.Jangan lupa share artikel ini jika anda rasa bermanfaat dan luangkan waktu anda untuk membaca artikel menarik kami yang lain di website ini.

Jika anda menemukan kesalahan penulisan atau link yang rusak,jangan ragu untuk segera menghubungi kami.

Terima kasih,

Wassalam.

Seorang Muslim Entreprenur & Pemuda Milenial yang hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangkaian tulisan