featured-image-cara-membuat-wordpress-gratis

Cara Membuat WordPress Gratis Terlengkap

Diposting pada

Redstrixcom – Cara membuat WordPress gratis,apakah bisa?Tentu saja,di tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat WordPress org untuk segala kebutuhan bisnis online anda.

Saat ini,memiliki sebuah website untuk berbagai keperluan bukanlah hal yang sudah biasa lagi,bahkan hamper semua orang yang memiliki bisnis sudah mempunyai sebuah website untuk keperluan promosi dan menjual produk dan layanan yang akan mereka tawarkan.

Dengan hadirnya sebuah cms yang memudahkan orang-orang awam sekalipun dalam membuat website bahkan toko online,maka peminat penggunanya pun semakin meningkat.

Oleh karena itu,pada pembasan kali ini,kita akan membahas tentang panduan bagaimana langkah step by step ketika pertama kali kita ingin membuat website dengan sebuah cms yang sangat populer,yaitu WordPress.

Pada umumnya,cms ini sangatlah populer didunia website,bahkan di perkirakan hampir 40% website yang ada diseluruh dunia menggunakan cms ini,entah itu untuk keperluan blogging,toko online dan sejenisnya.

Panduan Cara Membuat WordPress Gratis

1.Menentukan Niche Website

cara-membuat-wordpress-yang-pertama-menentukan-niche-website

Hal yang pertama kali harus kita lakukan ketika ingin membuat website dengan wordpress adalah menentukan niche atau tema isi dari website yang akan kita buat,dengan begitu kita akan mudah dan terarah untuk langkah-langkah selanjutnya.

Ketika ada keinginan membuat website,pastikan dulu kalian mempunyai ide-ide menarik dan sebuah tujuan untuk apa kalian membuat website tersebut,dan jangan sampai membuat sebuah web hanya untuk tujuan yang tidak ada manfaatnya,karena itu akan membuang waktu dan tenaga saja.

Ada banyak sekali ide yang dapat kalian gunakan untuk menentukan niche apa yang cocok dan itu semua tergantung kemampuan dan skill yang dimiliki masing-masing.Usahakan dalam menentukan niche itu sesuai dengan kehendak kalian masing-masing dan menyesuaikan dengan trend yang sedang ramai saat ini agar website kalian nantinya terkenal dan disukai oleh banyak orang.

Adapun kategori yang dapat kalian gunakan adalah sebagai berikut:

  1. Situs Blog – jika kalian suka membaca buku dan menulis,maka membuat website untuk blogging mungkin cocok bagi kalian yang memiliki hobi tersebut,kalian bisa salurkan ilmu kalian diwebsite,selain itu kalian juga bisa dapat penghasilan tambahan dari iklan google adsense.
  2. Situs E-Commerce – bagi kalian yang hobi jualan atau punya produk,kalian bisa gunakan website sebagai marketplace sendiri atau toko online sendiri,dengan begitu kalian tidak akan kena potongan persen seperti halnya seller di shopee,tokopedia,dan lain-lain.
  3. Situs Portofolio – nah ini cocok banget bagi para freelance yang ingin show up karya mereka secara global,selain itu mereka akan memiliki nilai branding yang lebih kuat dimata orang-orang.

Sebenarnya,masih banyak lagi yang dapat kalian buat dengan wordpress ini,tergantung ide dan apa yang kita hobi agar web tersebut dapat berkembang nantinya.

Cobalah untuk memikirkan matang-matang terlebih dahulu sebelum benar-benar kita membuat website nya,karena jika kita tiba-tiba berubah pikiran ketika web sudah dibangun 50-90%,itu akan membuat kita repot sekali untuk mengurusnya kembali.

Cara membuat WordPress yang satu ini merupakan langkah awal bagi anda yang ingin membuat website.

Baca juga: 25+ Langkah Wajib Setelah install WordPress

2.Mencari Ide Nama Domain

mencari-ide-nama-domain

Ketika pertama kali ingin membuat sebuah website,pertama kali hal yang harus kita lakukan adalah mencari ide nama domain yang tepat dan sesuai dengan website yang kita buat.

Namun,seringkali orang-orang merasa kesusahan dalam mencari nama yang tepat atau yang mereka inginkan,karena nama yang sudah digunakan dan didaftarkan oleh website lain itu tidak dapat digunakan lagi.Oleh sebab itu,jika kita memiliki ide nama domain yang tepat,segeralah daftarkan saja dulu,urusan membuat websitenya bisa belakangan saja.

Ada beberapa cara step by step,bagaimana mencari ide dan nama untuk alamat website kalian nantinya.Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk mencari ide dan nama domain yang tepat.

1.Riset Domain

Sebelum kalian menentukan nama domain yang tepat untuk brand website dengan wordpress yang kalian miliki nantinya,hendaknya kalian melakukan riset terlebih dahulu terhadap nama yang kalian inginkan.Cobalah kalian riset apakah nama tersebut bagus dan menarik untuk digunakan.

Jika kalian bingung bagaimana cara riset domain yang bagus untuk mencari inspirasi,ada banyak sekali name generator yang dapat merekomendasikan kepada kalian nama domain yang bagus untuk yang bagus.Berikut adalah 23 Domain Name Generator:

  1. Domain Name Soup
  2. Domainr
  3. I Want My Name
  4. Naque
  5. Domain Wheel
  6. Domain Puzzler
  7. Wordoid
  8. Dot-o-mator
  9. Cool Name Ideas
  10. Instant Domain Search
  11. Name Smith
  12. Domains Bot
  13. Pane Bee
  14. Impossibility
  15. Name Mesh
  16. Bust A Name
  17. Learn Domain Search
  18. Domain Name Generator Zyro
  19. Name Boy
  20. Domain Typer
  21. Dyyo
  22. Domaintools
  23. Internetx

Sebenarnya masih ada lagi name generator yang lain,namun menurut saya itu adalah yang sering digunakan oleh orang-orang.

2.Nama yang Kreatif

Sebelum kalian menentukan nama domain yang kalian inginkan,cobalah juga buat nama semenarik mungkin yang kreatif.Ketika orang-orang membaca brand tersebut akan ada ketertarikan yang bagus sehingga nantinya orang-orang tersebut akan menyukai nama brand domain yang kalian buat.

Untuk itu,kalian juga dapat menggunakan name generator yang sudah saya list diatas untuk mencari ide inspirasi nama brand yang tepat untuk website kalian nantinya.Ini merupakan salah satu langkah cara membuat wordpress.

3.Gunakan Nama yang Singkat

Ketika kalian telah menemukan inspirasi nama yang kreatif atau yang sesuai dengan keinginan dan branding website kalian,maka kalian harus menyeleksi kembali untuk nama tersebut apakah singkat atau terlalu panjang,karena ini cukup berpengaruh terhadap orang-orang yang menyukai website kalian nantinya.

Menggunakan nama yang panjang akan kesulitan nantinya bagi para pengunjung website kalian untuk mengenali bahkan meningat ulang jika mereka ingin mengunjunginya langsung.Oleh karena itu,usahakan nama yang kalian gunakan singkat,namun memiliki arti yang sangat dalam.

4.Gunakan Nama yang Mudah di Ingat

Jika sebelumnya kalian telah membuat domain yang akan kalian daftarkan untuk website kalian,maka kalian harus memilikirkan juga apakah nama tersebut mudah di ingat oleh orang-orang,atau nama tersebut susah sekali untuk di ingat,mungkin dikarenakan pelafalan huruf yang tidak terlalu nyambung ya,misalkan mysteiuang.com,tentu nama tersebut mungkin susah di ingat dalam waktu yang singkat.

5.Sesuaikan Domain Dengan Isi Website

Ketika kalian sudah menentukan nama yang tepat dan sesuai dengan keinginan kalian,maka kalian juga harus mencocokan nama tersebut apakah sudah tepat dan pas dengan isi konten yang ada di website wordpress kalian nantinya.Misalkan kalian ingin website kalian dengan isi konten artikel tentang teknologi,maka kalian harus berusaha mencari nama yang sesuai dengan konten nantinya,misalkan slowtech.com,slowtech.net,dan lain sebagainya.

6.Cek Ketersediaan Domain

Mungkin sebagian dari kalian bingung,bagaimana sih cara mengecek ketersediaan nama domain yang sudah terdaftar atau masih tersedia?

Caranya cukup gampang sobat,kalian cukup kunjungi provider penyedia hosting yang ada di Indonesia maupun luar negri,ketika kalian ingin memesan hosting maka kalian nantinya akan diminta untuk mengetikkan nama domain yang kalian inginkan.

Jika nama tersebut belum digunakan dan didaftarkan,maka nantinya kalian dapat membeli nama tersebut sekaligus dengan paket hosting yang telah kalian pilih biasanya.Namun,jika nama tersebut sudah digunakan atau didaftarkan,maka kalian tidak dapat menggunakan tersebut,kecuali kalian mengubah nya,misalkan dari .com menjadi .net, .org, dan lain sejenisnya.

Baca juga: Apa itu Domain? Pengertian,Fungsi,dan Contohnya

3.Menentukan Provider Web Hosting

menentukan-provider-web-hosting

Ketika akan membuat website,tentu kita harus membutuhkan yang namanya hosting untuk menyimpan data-data yang ada di website kita nantinya,entah itu menggunakan server pribadi ataupun menyewa/membeli kepada provider hosting yang tersedia.

Di Indonesia sendiri,ada banyak sekali provider penyedia hosting yang memiliki keragaman serta kelebihan mereka masing-masing,yang mana juga mereka telah memiliki hingga ribuan pengguna dan domain yang telah terdaftar.

Namun,biasanya kebanyakan para pemula itu tidak terlalu mencari tahu atau tidak terlalu peduli dengan provider web hosting yang mereka pilih,mereka hanya tahu beli saja tanpa memperhatikan kualitas dari penyedia hosting tersebut.Alhasil ketika website mereka sudah mulai berkembang,mereka justru kewalahan menghadapi pengunjung yang kian bertambah.

Sebenarnya ini memang hal yang bagus,namun masalahnya penyedia hosting yang mereka pilih memiliki server yang tidak handal,ya maka website kita justru akan down ketika di serang oleh ratusan bahkan ribuan pengunjung dalam waktu yang sama.

Oleh karena itu,disini saya akan menyarankan beberapa provider web hosting yang ada di Indonesia dan juga Mancanegara,yang mana provider ini cukup lama dan sudah memiliki banyak pengguna.Entah itu kita menggunakan wordpress atau coding sendiri,kita juga tetap membutuhkan yang namanya server.Berikut adalah daftar 16 provider web hosting terpercaya yang ada di Indonesia dan Mancanegara.

  1. DomaiNesia
  2. RumahWeb
  3. Niagahoster
  4. IDwebhost
  5. Indowebsite
  6. IDCloudHost
  7. Hostinger Indonesia
  8. GoDaddy
  9. Namecheap
  10. Domain.com
  11. HostGator
  12. Bluehost
  13. Interserver
  14. SiteGround
  15. Cloudways
  16. Dreamhost

Itu tadi adalah daftar nama provider web hosting yang menurut saya cukup terpercaya.Namun,tidak menutup kemungkinan yang tidak ada di daftar tersebut bukan berarti tidak bagus ya,hanya saja ini pendapat dari sebagian orang,mungkin jika teman-teman ada yang lebih tahu nanti silahkan komentar dibawah.

Dari urutan nomor 1 hingga 7,itu adalah provider yang ada di Indonesia.Selanjutnya,dari urutan nomor 8-16,itu merupakan provider yang ada di Luar Negri.

Bagi kalian yang ingin lebih tahu tentang penjelasan kelebihan dan kekurangan setiap provider web hosting tersebut,kalian dapat mengunjungi artikel pembahasan sebelumnya,silahkan klik dibawah ini.

Baca juga: 15+ Web Hosting Terpercaya di Indonesia dan Mancanegara

4.Memilih Platform CMS WordPress

memilih-platform-cms-wordpress

Cara membuat WordPress,tentu saja kalian harus memilih platform CMS ini untuk dapat mengikuti panduan artikel ini.Kalian tidak bisa menggunakan CMS lainnya.

Ketika kalian telah menentukan provider hosting yang menurut kalian cocok dan terpercaya,maka selanjutnya kalian harus memilih platform cms mana yang akan kalian gunakan,mengingat karena ada banyak sekali jenis cms yang dapat kalian gunakan sesuai kebutuhan masing-masing.

Namun,pada materi ini kita akan belajar menggunakan cms wordpress,yang mana merupakan platform cms paling populer didunia,selain bagi kalian yang ingin membuat blog,kalian juga dapat menggunakan sebagai toko online dengan cms ini.

Terus,bagaimana cara mendapatkan dan menginstal cms tersebut untuk mengelola website yang akan kita buat?Pada hal ini,ada dua cara untuk menginstallnya,cara yang pertama kalian bisa mendownload secara manual di website resminya,kemudian baru menginstalnya.

Kemudian cara kedua biasanya yang paling umum dilakukan,dan hampir setiap provider itu memiliki fitur instant deploy di panel masing-masing,yang mana akan memudahkan pengguna yang membeli hosting ditempat mereka.

Jika kalian masih kebingungan,kalian dapat menonton video yang saya sertakan dibawah ini.Perlu diperhatikan bahwa video ini dibagi menjadi dua,yaitu video yang pertama adalah cara menginstall menggunakan Localhost(XAMPP),sedangkan video kedua menggunakan Cpanel.

Berikut adalah cara menginstall lewat Localhost.

Berikut adalah cara menginstall menggunakan Cpanel:

5.Menentukan Tema Website

menentukan-tema-website

Cara membuat WordPress berikutnya,yaitu kalian harus memilih sebuah tema atau tampilan website yang responsif dan SEO Friendly,agar memiliki user experience yang bagus.

Memiliki tampilan tema website yang memiliki visual yang bagus,akan meningkatkan kredibilitas dan branding terhadap website wordpress kalian nantinya,apa lagi jika kalian memang ada keinginan untuk memiliki situs web yang besar sampai memiliki karyawan,itu tentu kalian harus memiliki tampilan atau tema website yang menarik dan bagus untuk dilihat agar membuat pengunjung betah ketika membaca ataupun melihat konten yang ada diwebsite kalian.

Ketika pertama kali menginstall cms ini,kalian akan mendapatkan tema gratis yang otomatis terinstall ketika pertama kali membuka,contoh temanya adalah seperti dibawah ini:

Tampilan-Awal-Tema-WordPress

Memiliki tema yang elegan dan juga nyaman dipandang,memang menjadi salah satu keinginan semua para website owner,karena tampilan yang rapi dan bagus juga akan mempengaruhi pengunjung nantinya betah atau tidaknya mereka,karena jika tampilan tema yang rapi,tentu pengunjung akan betah dan mungkin akan menyukai website teman-teman dan akan mengunjungi nanti untuk seterusnya.

Kalian dapat membaca artikel diatas terlebih dahulu,jika kalian sedang kebingungan mencari situs atau marketplace mana saja yang menjual template tema website premium,yang tentunya sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca juga: 20+ Marketplace Terbaik Untuk Membeli Template WordPress Premium

6.Menginstall Plugin

menginstall-plugin

Langkah keenam yang harus kalian lakukan setelah mengganti tema website adalah menginstall plugin yang akan membantu website kalian dari segala sisi,seperti fitur backup,seo,social share,coming soon,security,dan masih banyak lagi.

Menariknya,ketika kita menggunakan cms seperti wordpress,kita tidak perlu paham coding atau bahasa pemograman sama sekali,ketika kita membutuhkan fitur misalkan keamanan,kita hanya perlu menginstall plugin security hanya sekali klik saja dan bisa diaktifkan secara langsung,berbeda jika kita tidak menggunakan cms,kita harus paham pemograman terlebih dahulu untuk bisa menambah fitur-fitur yang kita butuhkan.

Plugin apa saja sih yang paling penting dan wajib untuk kita install ketika pertama kali,berikut adalah list plugin yang kita perlukan.

1.Plugin Security/Keamanan

Adapun fungsi dari plugin ini adalah untuk menjaga keamanan website kita dari serangan hacker,tak pandang baru atau lama walaupun kita masih baru,tak menutup kemungkinan hacker akan mencoba-coba untuk mencoba meretas website yang kita kelola.Karena,pada dasarnya ada saja orang-orang yang iseng untuk mencoba mengakses website kita dan mencoba untuk mengacak-acaknya.

Adapun plugin security yang direkomendasikan adalah:

  • Wordfence
  • iThemes Security
  • SecuPress free
  • VaultPress
  • Defender
  • WP Bruiser
  • Sucuri Security
  • Shield Security
  • Google Authenticator
  • Loginizer

2.Plugin SEO

Fungsi dari menginstall plugin ini yaitu untuk meningkatkan kualitas dan peringkat SEO kita pada mesin pencarian seperti Google,karena ketika kita membuat konten didalam website tersebut,tentu kita ingin konten yang kita buat tersebut dapat tampil dimesin pencarian,terlebih lagi tampil pada halaman 1 mesin pencarian ketika orang-orang mencari sesuatu yang sesuai dengan isi kontent yang kita buat,alhasil akan banyak sekali pencari yang mengunjungi website kita nantinya dan akan terus meningkatkan trafik website kita.

Namun,kita juga tak dapat sembarangan memilih plugin seo di wordpress,karena bisa jadi berdapak buruh atau fitur yang kekurangan karena pada dasarnya plugin seo ini ada yang versi berbayar serta gratisnya,nah untuk pemula kalian bisa coba plugin seo berikut:

  • Rank Math
  • Yoast SEO
  • All In One SEO Pack

3.Plugin Backup

Ini juga cukup penting untuk menjaga keamanan website kita,karena jika web kita sudah bobol dan telah diacak-acak oleh si hacker tersebut,dan konten yang kita buat juga sudah terlalu banyak,maka kita dapat menggunakan fitur backup yang mana data kita akan aman dan dapat kita pulihkan dengan segera jika kita memiliki file backup dari salah satu plugin backup yang tersedia di wordpress.

Adapun plugin backup yang direkomendasikan adalah:

  • UpdraftPlus
  • Jetpack
  • BackWPup
  • All in one WP Migration

4.Plugin Caching

Mungkin kalian bertanya-tanya,apasih plugin caching itu?Plugin caching merupakan hal yang paling berpengaruh terhadap kualitas dan juga SEO pada website kita,karena ini bersangkutan dengan kecepatan atau loading website kita ketika diakses oleh pengunjung yang tertarik dengan konten yang kita buat.

Pada dasarnya,website yang lambat hampir 99% ditinggalkan oleh pengunjung,dan ini akan berdampak buruh terhadap SEO website,dan kemungkinan tidak akan bisa tampil dihalaman pertama mesin pencari.

Oleh karena itu,kita membutuhkan sekali plugin caching ini,dan disini ada yang versi gratis dan versi berbayar juga,tentu sebagai pemula kita ingin mencoba yang gratis saja.Berikut adalah rekomendasi plugin caching:

  • LiteSpeed Cache
  • W3 Total Cache
  • WP Super Cache
  • WP Rocket

Baca juga:

7.Menghubungkan Google Analytics & Search Console

menghubungkan-google-analytics-dan-google-search-console

Langkah terakhir setelah kalian menginstall plugin yang diperlukan adalah menghubungkan website wordpress kalian ke Google Analytics dan Google Search Console.Adapun fungsinya dari keduanya adalah sebagai berikut.

1.Google Analytics

adalah Analytics akan membantu kita untuk mengetahui jumlah pengunjung yang aktif,sumber trafik tersebut berasal,bounce rate,durasi aktif pengunjung,visitor baru atau lama,dan masih banyak lagi,Dan menariknya lagi,ini bersifat gratis dan dapat digunakan oleh siapapun dan terpercaya karena milik google.

Adapun cara menghubungkan website kita ke google analytics dapat kalian ikuti tutorial berikut ini.

2.GoogleSearch Console

Kemudian,fungsi dari GoogleSearch Console adalah menghubungkan situs yang kita miliki terhadap mesin pencarian google,selain itu kita dapat mengelola berapa total klik,total tayangan,ctr,dan juga kita dapat mengelola halaman yang rusak.

Dengan menghubungkan peta situs atau biasa disebut sitemap,maka artinya setiap ada pembaruan yang terjadi diwebsite kita,entah itu produk,konten blog,dan lain-lain yang telah termasuk dalam peta situs tersebut,maka akan masuk kedalam database google,jadi kita tidak perlu cape lagi untuk menggunakan ping secara manual.

Adapun cara menghubungkan website kita ke search console dapat kalian ikuti tutorial dibawah ini:

Baca juga:

Kesimpulan:

Baiklah teman-teman sekalian,itu tadi adalah tahap-tahap awal bagaimana cara membuat WordPress dengan benar,sebenarnya masih ada dan banyak lagi yang harus kita lakukan,karena walaupun cms wordpress ini bisa dikatakan mudah,amun kita juga harus paham dan mengerti apa yang harus dilakukan dan apa yang harus tidak dilakukan.

Karena jika kita asal-asalan saja dalam membuat website walaupun menggunakan cms,maka itu sama saja hasilnya nihil dan padahal kita udah keluar uang untuk membeli hosting dan domain.

Mungkin artikel ini masih jauh dari kata sempurnya,namun kami meminta kepada teman-teman yang membaca pembahasan ini sampai selesai kami ucapkan terima kasih.Nanti,mudah-mudahan kami sanggup untuk membuatkan langsung video tutorial di youtube,cara membuat website dari nol sampai materi seo nya.

Mungkin,sampai sini saja dulu pembahasan kali ini,semoga bermanfaat

Terima Kasih.

Wassalam.

Gambar Gravatar
Seorang Muslim Entreprenur & Pemuda Milenial yang hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangkaian tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *