featured-image-kesahalan-fatal-bisnis-online-sepi-pembeli

6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli

Diposting pada

Redstrixcom – Bisnis online merupakan salah satu usaha yang paling banyak di lakukan oleh para masyarakat kecil maupun besar saat ini.

Mereka,mau tidak mau harus ikut perkembangan teknologi agar tetap mendapatkan sebuah pekerjaan.Mengingat sekarang ini semuanya sudah serba online,maka kemungkinan orang-orang akan mulai mengurangi sistem perbelanjaan secara offline,namun tidak akan di hilangkan.

Sebenarnya,hal itu merupakan hal yang sangat bagus,yaitu ketika mendengar ada peluang usaha langsung fast respon tanpa ada rasa malu ataupun minder sedikitpun.Akan tetapi,bagaimanapun ketika kita ingin melakukan sebuah usaha,tentu kita harus memiliki ilmunya terlebih dahulu,setidaknya paham resiko yang akan di lakukan ini apakah akan berdampak besar atau kecil.

Apalagi bagi para pemula yang baru memulai sebuah bisnis,mereka kebanyakan langsung action saja tanpa mempelajari dasarnya terlebih dahulu.Memang sih ada kata-kata motivasi “Mulai Saja Dulu“,namun kita juga harus tetap tahu konsekuensi atau dasar-dasar ilmu usaha yang akan dilakukan.

Pada materi ini,kita akan membahas beberapa alasan mengapa sebuah bisnis terkadang sepi orderan?Yuk simak materi dibawah ini sampai selesai ya!

Mindset Bisnis Online

mindset-bisnis-online

Ini merupakan hal yang selalu saya tekankan,ketika ingin memulai sebuah usaha apapun itu,kita harus sebisa mungkin memiliki mindset yang baik agar dapat membuahkan hasil yang baik juga.

Namun sayangnya,seringkali orang-orang mengabaikan hal ini bahkan menganggap remeh dan mengira bahwa mindset ini tidak penting,yang mereka pentingkan adalah semangat yang membara ketika diawal.

Ketika dalam tahap awal membangun sebuah bisnis,cobalah untuk memiliki mindset-mindset yang sederhana saja yang dapat membantu anda untuk menanamkan sebuah tujuan ataupun visi dan misi anda membangun usaha tersebut.

Jadi,ketika anda gagal atau sedang down menjalankannya,anda dapat bangkit kembali ketika mengingat bahwa ada target yang harus anda capai dan anda tidak boleh menyerah begitu saja.

Jika kalian masih bingung,bagaimana sih mindset yang bagus itu,berikut contohnya:

  • Tidak ada hasil yang instan,semuanya perlu proses dan perjuangan
  • Fokus Berproses,jangan terlalu fokus pada uang atau penghasilan
  • Ingatlah bahwa setiap permulaan itu pasti sulit,jadi anda harus sabar
  • Jangan terlalu membandingkan diri anda dengan orang lain

Nah,itu adalah beberapa mindset yang dapat anda tanamkan dalam diri anda ketika di awal-awal membangun sebuah kerajaan bisnis yang sudah anda impikan.Mungkin,masih ada beberapa lagi mindset yang bagus,namun menurut saya itu saja dulu yang penting kita konsisten menerapkannya.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan Pada Saat Pandemi

6 Kesalahan Fatal Penyebab Bisnis Online Sepi Pembeli

Nah,ketika anda merasakan bahwa bisnis online yang sedang anda jalani saat ini sedang sepi orderan,mungkin ada beberapa kesalahan yang telah anda lakukan sehingga usaha anda di internet terasa sepi tidak ada pelanggan.

Berikut adalah alasan mengapa bisnis anda sepi orderan:

1.Terlalu Hard Selling

6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli Redstrixcom

Hard selling merupakan hal yang sangat sering dilakukan oleh para pebisnis pemula,yang mana mereka berharap orang-orang akan tertarik dengan penawaran yang mereka lakukan secara terus menerus.Hal itu memang baik,namun harus di iringi dengan teknik marketing yang baik agar orang tidak cepat bosan dengan apa yang anda tawarkan.

Sebelumnya,mungkin ada sebagian dari anda yang belum tahu apa itu hard selling?

Hard Selling adalah sebuah strategi untuk melakukan penawaran secara langsung tanpa melakukan atau banyak basa-basi terlebih dahulu.Teknik ini biasanya akan langsung menyuruh customer untuk membeli ataupun melakukan transaksi terhadap produk yang ingin mereka jual.

Menurut sebagian orang,teknik ini memang sangat bagus untuk dilakukan,agar penjual dapat segera closing dan pembeli tidak meragukan lagi untuk membeli produk tersebut atau tidak.

Namun,sebelum itu kita juga harus tahu bahwasanya semua orang itu tentu memiliki tanggapan yang berbeda-beda,artinya jika kita berhasil melakukan hard selling kepada pembeli A,belum tentu pembeli B akan sama dengan pembeli A,bisa jadi pembeli B malah tidak jadi membeli karena terlalu hard selling.

Oleh karena itu,dalam hal ini boleh-boleh saja jika anda ingin melakukan hard selling tanpa banyak basa-basi terlebih dahulu,karena ada juga sebagian orang yang tidak suka dengan banyak basa-basi.Jadi,anda dapat menyesuaikan saja jika memang pembeli berniat untuk membeli,silahkan lakukan hard selling.

Namun jika ia masih terlihat ragu,maka anda sebagai penjual harus bisa membawakan suasana yang baik.

Baca juga: 5 Resiko Pengusaha Ketika Menjalankan Bisnis

2.Deskripsi Produk yang Tidak Jelas

6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli Redstrixcom

Perlu anda ketahui,bahwa inti dari sebuah penawaran produk itu adalah deskripsi yang jelas,singkat,dan to the point untuk menggambarkan fungsi maupun manfaat dari produk yang di tawarkan tersebut.

Nah,seringkali saya mendapatkan para online shop khususnya pemula,yang membuat deskripsi sembarangan dan tidak jelas sehingga customer bingung dengan apa yang anda tawarkan.

Dalam membuat deskripsi,sebisa mungkin kita sebagai owner dari produk tersebut memberikan penjelasan yang detail dan sesuai dengan fungsi maupun manfaat ketika orang-orang membeli produk tersebut.Namun,anda juga tidak boleh memberikan deskripsi yang terlalu panjang ataupun berlebihan yang mungkin tidak mungkin terjadi.

Sebagai contoh,misalkan saja anda menjual sebuah obat pelangsing,kemudian anda menuliskan deskripsi produk tersebut seperti berikut:

  • “Obat pelangsing aman,tanpa efek samping,di jamin manjur dan paling ampuh,dapat menurunkan berat badang 30kg dalam 1 minggu saja”

Nah,jika kita mengibaratkan sebagai pembeli yang sedang mencari obat pelangsing,pasti akan berpikir 2 kali untuk membeli produk tersebut,karena sangat mustahil sekali terjadi bisa turun 30kg dalam satu minggu saja,jika tanpa mengurangi makan ataupun olahraga.

Oleh sebab itu,maka anda harus membuat deskripsi yang menarik,namun tetap memberikan penjelasan yang detail dan tidak berlebihan.

Baca juga: 5+ Tips Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

3.Produk Jarang di Update

6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli Redstrixcom

Nah,ini nih yang juga harus anda perhatikan dalam menjalankan bisnis online,yaitu selalu memperhatikan keadaan dan mengupdate produk-produk yang telah di promosikan di internet.

Meskipun produk anda tidak pasti laku setiap hari,namun tidak ada salahnya anda selalu mengupdatenya,apalagi bagi anda yang menjalankan bisnis secara online dan offline,hal ini sangat wajib anda perhatikan.

Sewaktu-waktu,tentu ada orang yang membeli produk anda secara offline dong dengan cara datang ke tempat langsung,otomatis anda harus mengupdate produk-produk anda yang telah di pajang di internet ataupun marketplace.Adapun hal-hal yang harus anda update contohnya seperti jumlah stok produk,ukuran produk,warna produk jika anda menjual pakaian,dan lain-lain.

Nah,hal-hal seperti itu sangat penting agar ketika ada customer yang ingin mencari produk tersebut,mereka tidak merasa terbohongi.

Misalkan saja,ada orang yang ingin membeli produk baju anda dengan ukuran L karena stok barang anda di marketplace masih tersedia,padahal ukuran L sudah habis terjual di offline,otomatis customer merasa kecewa dan kemungkinan mereka tidak ingin lagi mengecek produk anda yang lainnya.

Baca juga: 20 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula Terlengkap

4.Pelayanan yang Kurang Baik

6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli Redstrixcom

Dalam menjalankan sebuah bisnis online,tentu kita sebagai seorang owner harus memberikan pelayanan terbaik dan semampu kita untuk diberikan kepada para pelangggan.Apalagi jika anda masih menjalankan semuanya sendirian dan belum mampu merekrut karyawan,maka anda dalam keadaan apapun harus bisa memberikan pelayanan terbaik meskipun terkadang ada pelanggan itu yang menyebalkan.

Tentu saja,dalam keadaan-keadaan tertentu anda bisa merasakan kecapean atau hal lainnya,yang membuat emosi ini tidak stabil dan susah sekali untuk di kontrol.Sehingga,ketika ada pelanggan yang ingin membeli apalagi jika pelanggan itu sangat cerewet,bisa jadi mereka yang akan menjadi pelampiasan emosi anda yang sedang tidak stabil.

Seringkali ketika saya ingin membeli sesuatu di marketplace menemukan penjual yang tidak ramah,cuek,bahkan tidak membalas chat saya.Padahal saya hanya ingin menanyakan stok dari produk yang ingin di beli.Hal ini sangat tidak bagus sekali dalam menjalankan sebuah bisnis online,ya wajarlah jika belanja secara online harus detail agar tidak ada kesalahan yang akan membikin ribet nantinya.

Oleh sebab itu,ketika anda memiliki masalah yang membuat semua kegiatan anda menjadi terhambat,bagaimanapun itu anda harus bisa sabar dan tetap melayani pelanggan sebaik mungkin tanpa membuat pelanggan merasa kecewa dengan pelayanan anda.

Walaupun orang tersebut banyak tanya,jangan malas untuk menjawab atau membalas chat mereka,bisa jadi mereka membeli secara grosir atau banyak sekalipun,kita tidak tahu itu.

Baca juga: Apa itu Startup dan Bagaimana Perkembangan Startup di Indonesia

5.Gambar Produk Asal-asalan

6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli Redstrixcom

Dalam menjalankan sebuah bisnis online,anda juga harus memperhatikan dan meneliti sebaik mungkin gambar yang akan mewakilkan dari produk yang anda jual.

Jika kita lihat di berbagai toko online maupun marketplace,sering kali seller memasang foto produk yang kurang detail ataupun ada barang yang sama,mereka lebih sering mengambil gambar dari Google yang mana gambar tersebut merupakan milik orang lain.

Dalam segi marketing,hal ini tentu sangat tidak baik teman-teman sekalian.Karena,selain akan merugikan anda sendiri,mengambil gambar orang lain itu bisa kena claim oleh si pemilik gambar tersebut,karena biasanya gambar yang ada di Google itu tidak semuanya gratis 100%,pasti ada syarat dan ketentuan yang harus anda baca terlebih dahulu.

Dalam kasus ini,saya lebih menyarankan anda untuk memasang foto/gambar hasil jepretan sendiri walaupun gambar itu tidak bagus dan tidak di desain seperti umumnya,akan tetapi itu memang hasil atau milik anda sendiri.Jadi,pelanggan akan langsung melihat kondisi produk yang ada dalam toko online anda dan lebih terpercaya.

6.Jarang Melakukan Promosi

6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli Redstrixcom

Tak dapat dipungkiri lagi,jika dalam membangun sebuah bisnis online itu sangat diperlukan yang namanya promosi,entah itu di facebook,instagram,twitter,youtube,dan lain-lain.Apalagi sekarang ini media sosial sangat mendominasi dan merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mendatangkan pelanggan dari para penggunanya.

Mempromosikan juga tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan.Anda juga harus mengetahui bagaimana cara-cara yang ampuh untuk menalukkan media sosial agar dapat menarik perhatian mereka.Apalagi,sekarang ini sudah sangat banyak sekali orang yang membuka jasa kelola akun medsos dan membuat konten microblog untuk optimasi promosi mereka.

Menurut saya sendiri,salah satu cara promosi yang sangat ampuh adalah dengan cara membuat video animasi.Mengapa? Karena video hampir 90% dapat menarik perhatian orang-orang dan membuat mereka dapat terpancing dengan cepat untuk membeli produk yang ditawarkan pada produk tersebut.Namun,gimana sih cara membuat promosi video animasi itu,apalagi banyak yang masih gaptek dan awam di dunia animasi.

Tenang,tentu saja di era digital dan teknologi yang serba canggih sekarang ini telah memudahkan kita untuk membuat hal yang mungkin sebelumnya tidak pernah anda bayangkan dapat membuatnya.Salah satu produk yang harus anda miliki untuk dapat membuat promosi dengan video animasi adalah “Levidio Animatoon“.

Nah,bagi anda yang belum tahu,levidio animatoon adalah sebuah produk dari bagian levidio itu sendiri,yang berfokus membuat template-template berkualitas,mulai dari desain,animasi,presentasi,dan lain sebagainya,yang dapat anda edit sesuai dengan keinginan anda dengan cukup menggunakan power point saja.

Sangat menarik bukan?Yuk buruan beli sekarang karena harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga:

Kesimpulan:

Nah,itulah tadi 6 penyebab mengapa bisnis online anda terasa sangat sepi sekali bahkan hampir tidak ada orderan yang masuk.Hal ini juga sering terjadi karena ketidaktahuan kita sebagai seller,ingin banyak pembeli namun kita seringkali membuat kesalahan yang tidak disadari sehingga membuat pembeli itu enggan untuk membeli pada kita.

Mungkin,sampai sini saja pembahasan mater kita kali ini,selanjutnya akan kami rangkum lebih banyak materi lagi tentang tips-tips menarik seputar bisnis online dan juga tentang internet marketing lainnya.

Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada teman-teman atau kerabat terdekat anda yang dirasa membutuhkan tentang informasi ini,jangan sampai mereka menjalankan bisnis bertahun-tahun,namun tidak ada perkembangan sama sekali.

Jika ada kendala,silahkan contact di halaman “hubungi kami“.Anda juga bisa meminta request materi di kolom komentar atau via email.

Terima kasih,

Wassalam.

Gambar Gravatar
Seorang Muslim Entreprenur & Pemuda Milenial yang hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangkaian tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *