featured-image-apa-itu-supplier-pengertian-contoh-dan-cara-kerjanya

Apa itu Supplier? Pengertian,Contoh,dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Redstrixcom – Apa itu supplier? Apa saja contohnya dan bagaimana cara kerjanya? Tenang,semuanya akan kita bahas secara lengkap dan tuntas di artikel ini.

Seringkali orang-orang salah kaprah mengartikan makna dari supplier ini,terutama bagi para pemula yang masih baru mengenal tentang bisnis online dan digital marketing.

Tentu saja hal ini berpengaruh terhadap kemajuan pengetahuan kita nantinya dalam hal bisnis,apalagi bagi anda yang memiliki minat untuk mencari peluang usaha online.

Oleh karena itu,pada kesempatan kali ini,kami telah merangkum artikel tentang pengertian supplier,contoh dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Supplier

apa-itu-supplier

Pengertian supplier

Supplier atau pemasok adalah orang yang menyediakan bahan baku utama dan kemudian di produksi menjadi sebuah produk/barang jadi maupun setengah jadi, kemudian baru siap di pasarkan dan di jual

Jadi,supplier ini merupakan bagian yang tugasnya adalah menyediakan bahan baku, yang kemudian baru di olah menjadi sebuah barang atau produk.

Baca juga: 10+ Supplier Dropship Terpercaya & Terbaik

Banyak orang yang salah kaprah mengenai pengertian ini,mereka mengira bahwa supplier adalah sebuah distributor yang menjual sebuah produk jadi ke pada para pedagang atau UMKM.

Selain itu,ada beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh supplier,diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Supplier itu bisa menjual bahan baku atau bahan yang belum jadi yang masih berupa mentah, contohnya adalah hasil tambang,logam, dan lain-lain.Atau ada juga barang yang setengah jadi,misalkan berupa kertas,kain, dan lain-lain.
  • Supplier atau pemasok adalah orang atau pihak yang menyediakan bahan baku untuk diolah atau diproduksi menjadi sebuah produk atau barang.

Baca juga: Apa itu Reseller? Pengertian,Contoh,dan Cara Kerjanya

Contoh Supplier

contoh-supplier

Setelah memahami apa itu supplier,sekarang kita akan membahas bagaimana contoh supplier ini.

Disini,kami akan memberikan penjelasan yang singkat saja agar tidak terlalu bertele-tele.

  • Contoh supplier adalah seorang penyadap karet menjual getahnya ke pabrik karet,nanti akan menjadi produk-produk yang terbuat dari karet,contohnya adalah ban.

Jadi,pihak yang menyediakan bahan baku utama itu bisa dikatakan sebagai supplier,kemudian baru mereka memasok kepada para pabrik atau pihak yang akan memproduksi sebagai barang.

Baca juga: Apa itu Dropship? Pengertian,Contoh,dan Cara Kerjanya

Jenis Supplier

jenis-supplier

Setelah kita belajar memahami apa itu supplier dan contohnya,selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja jenis supplier itu.

Pada umumnya,ada 2 jenis supplier yang harus anda ketahui.Yang pertama ada supplier yang menjual bahan yang masih mentah untuk di olah menjadi produk,dan yang kedua ada juga supplier yang menjual bahan baku untuk keperluan jasa.

Baca juga: Apa itu Startup dan Bagaimana Perkembangan Startup di Indonesia

Berikut adalah perbedaan antara kedua jenis supplier tersebut:

1.Supplier Barang

Supplier barang adalah sebuah perusahaan atau pihak yang menyediakan bahan baku dalam bentuk barang yang akan di berikan kepada pihak industri yang membutuhkan bahan tersebut.

Intinya,tugas pokok seorang supplier ini adalah untuk memenuhi kebutuhan bahan baku para industri,untuk membuat sebuah produk.

Apabila supplier atau pemasok tidak ada menyediakan bahan baku untuk sebuah industri,maka pembuatan sebuah produk di pabrik akan terhenti untuk sementara waktu sampai bahan baku tersedia kembali.

Akibatnya produk yang diproduksi menjadi susah di cari dipasaran dan jika ada pun harganya bisa melonjak naik.

2.Supplier Jasa

Adapun supplier jasa ini adalah sekelompok orang atau pihak yang tugasnya menyediakan bahan baku agar dapat menghasilan produk akhir yang berupa jasa.

Sebagai contohnya adalah para pencari pembantu rumahan di daerah perkampungan,mereka bisa dikatakan sebagai supplier produk jasa.

Sebelum itu,mereka harus mendapatkan bimbingan terlebih dahulu sebelum bekerja,kemudian baru ditawarkan kepada para konsumen yang membutuhkan pembantu dirumahnya.

Jadi,itulah rangkuman singkatnya bagaimana perbedaan antara supplier produk dan jasa.

Baca juga: 20 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula Terlengkap

Cara Kerja Supplier

cara-kerja-supplier

Setelah anda memahami pengertian supplier,contoh dan jenisnya,selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara kerja supplier ini.

Umumnya,seiring dengan perkembangan teknologi,cukup berpengaruh terhadap proses cara kerja para supplier ini,yang dulunya sederhana sekarang menjadi beragam cara.

Baca juga: 15+ Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil Terbaik

Berikut adalah cara kerja supplier:

  1. Mempersiapkan bahan baku utama untuk diproduksi oleh pihak industri.Bahan baku ini bisa diproduksi sendiri atau mencari kepada pihak lain.
  2. Memeriksa kualitas bahan baku yang akan dijual kepada pihak pabrik atau industri yang membutuhkan.
  3. Melakukan marketing atau pemasaran kepada pihak industri atau pabrik yang membutuhkan,baik secara offline langsung ke tempat ataupun secara online.
  4. Jika ada tawaran pembelian langsung dari pabrik,supplier langsung dapat bekerja sama dengan melakukan perjanjian kepada pihak industri.Dalam hal ini,seorang supplier harus sanggup menyediakan bahan baku kapan saja diperlukan.

Jadi,itulah proses bagaimana secara singkatnya cara kerja seorang supplier itu.

Yang paling penting,kita harus selalu memeriksa kualitas bahan baku yang akan dijual,agar kerja sama antara supplier dan pihak industri dapat bertahan lama.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Harus di Hindari Ketika Memulai Bisnis Online

Fungsi Supplier

fungsi-supplier

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya,seorang supplier memiliki peran penting dalam sebuah produksi dalam industri itu sendiri.

Tanpa supplier atau pemasok,kemungkinan besar pabrik atau industri akan merasa kesulitan sekali mencari bahan baku untuk di olah menjadi sebuah produk jadi.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli

Maka dari itu,supplier ini memiliki beberapa fungsi yang cukup krusial dalam sebuah produksi di industri.

Berikut adalah fungsi supplier yang wajib anda ketahui:

  1. Supplier merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap kualitas bahan baku yang sudah jadi maupun setengah jadi, kemudian yang akan dijual kepada pihak industri.
  2. Supplier juga harus bisa menyiapkan bahan baku setiap kali industri membutuhkannya,apabila supplier tidak menyediakan bahan baku,maka industri atau pabrik akan terhambat produksinya.
  3. Semua kontrol bahan baku dapat di pantau oleh supplier,baik itu berupa bahan baku barang maupun jasa yang telah kita bahas sebelumnya.
  4. Seorang supplier juga harus bisa mengawasi bahan baku agar tetap awet ketika disimpan ditempat yang telah ditentukan.
  5. Semua pengiriman agar dapat sampai dengan selamat ke pihak industri juga merupakan salah satu fungsi supplier,mereka punya tanggung jawab atas ini.

Baca juga:

Kesimpulan:

Pada intinya,seorang supplier itu sangat berperang penting dalam sebuah produksi industri dan kemajuan sebuah pabrik.

Jadi,apakah teman-teman sekalian sudah paham bagaimana tentang pengertian dari supplier ini,silahkan komentar dibawah ya.

Silahkan share artikel ini jika teman-teman rasa bermanfaat,share kepada teman atau kerabat terdekat anda yang membutuhkan artikel ini.

Jangan lupa untuk mengunjungi channel YouTube Redstrixcom untuk mendapatkan konten edukasi animasi yang menarik.

Terima kasih,

Wassalam.

Gambar Gravatar
Seorang Muslim Entreprenur & Pemuda Milenial yang hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangkaian tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *