featured-image-apa-itu-dropship-pengertian-contoh-dan-cara-kerjanya

Apa itu Dropship? Pengertian,Contoh,dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Redstrixcom – Apa itu dropship? Bagaimana cara kerja dan contohnya? Jika anda masih memiliki pertanyaan tersebut,maka anda berada pada artikel yang sangat tepat sekali.

Melakukan bisnis online sekarang ini merupakan salah satu peluang usaha yang sangat besar.Bahkan tidak peduli apakah orang tersebut di kota atapun didesa sekalipun.

Salah satu usaha online yang paling banyak dicari oleh orang-orang saat ini adalah menjadi dropshipper,yang mana pekerjaan ini sangat mudah dilakukan,dan memiliki keuntungan yang lumayan besar.

Pada artikel ini,kita akan membahas secara lengkap tentang pengertian dropship,contoh,dan bagaimana cara kerjanya sehingga anda bisa menghasilkan uang dari usaha ini.

Apa itu Dropship

apa-itu-dropship

Pengertian dropship

Dropship adalah sebuah sistem penjualan online,yang mana kita sebagai dropshipper hanya perlu memasarkan atau mempromosikan sebuah produk yang telah bekerja sama dengan kita,tanpa perlu melakukan stok barang apapun.Seluruh penjualan dan pengiriman,semuanya akan dilakukan oleh supplier dan tim mereka masing-masing.

Pekerjaan menjadi seorang dropshipper ini memang sedang tren sekali sekarang ini,banyak para supplier terpercaya yang ingin menawarkan program dropship untuk memasarkan barang mereka.

Selain itu,jika dilihat dari pengertian tersebut,pekerjaan ini memang sangat menguntungkan sekali sehingga orang-orang banyak tertarik untuk melakukannya.

Jadi,anda tidak perlu ragu lagi untuk juga ikut serta berpartisipasi mengikuti perkembangan teknologi serba online sekarang ini,yang penting anda terhubung ke internet,dan bisa bekerja dari mana saja.

Baca juga: Apa itu Reseller? Pengertian,Contoh,dan Cara Kerjanya

Contoh Dropship

contoh-dropship

Setelah anda memahami apa itu dropship,selanjutnya anda bisa mempelajari bagaimana contoh dari pekerjaan dropship ini.

Contoh dropship ini adalah,misalkan anda melihat pada bulan Ramadhan peluang berjualan pakaian muslim sangat tinggi,lalu anda memiliki ide untuk ikut berjualan pakaian muslim tersebut.

Namun,anda terkendala karena memiliki budget yang kecil,lalu anda tahu ada cara lain,yaitu pekerjaan menjadi seorang dropshipper.

Lalu,anda mencari supplier/pemasok terpercaya untuk bekerja sama dan memulai melakukan penawaran dan promosi produk kepada calon konsumen yang tertarget.

Anda hanya perlu sebuah koneksi ke internet,lalu mulai melakukan promosi,entah itu mengirim ke teman atau kerabat,atau mempromosikan ke media sosial pribadi dan bisnis anda masing-masing.

Hal tersebut dinamakan dengan dropship,jadi anda tidak perlu bingung lagi jika melihat peluang bisnis seperti ini bertebaran dimana-mana di internet.

Bisnis dropship ini juga hampir sama dengan bisnis Affiliate,yang mana tugasnya hanyalah melakukan promosi tanpa menyetok barang sedikitpun.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal Bisnis Online Sepi Pembeli

Cara Kerja Dropship

cara-kerja-dropship

Setelah anda mengetahui apa itu dropship dan contohnya,selanjutnya kita akan membahas bagaimana dropship ini dapat bekerja sehingga orang-orang dapat menghasilkan uang.

Berikut adalah 6 cara kerja dropship:

  • Pertama – Tentukan produk apa yang anda rasa paling banyak dicari oleh orang-orang,atau yang selalu dibutuhkan oleh para konsumen setiap saat.
  • Kedua – Anda mencari supplier yang menjual produk yang sesuai dengan anda inginkan,lalu mendaftar menjadi dropshipper produk tersebut.
  • Ketiga – Anda diterima,kemudian memasarkan dan mempromosikan produk tersebut,entah melalui teman terdekat atau memposting di media sosial.
  • Keempat – Customer membeli produk dari promosi anda dan membayar kepada anda,kemudian anda sebagai dropshipper meneruskan pembayaran kepada supplier.
  • Kelima – Supplier menerima pembayaran,dan mengemas barang lalu mengirimnya ke customer tersebut.
  • Keenam – Anda menerima komisi perbulan sesuai dengan perjanjian dengan supplier tersebut.

Sangat mudah bukan? Hal tersebutlah yang membuat orang-orang ramai menjalankan usaha dropship ini,karena memiliki banyak keuntungan yang tidak dimiliki oleh usaha lain.

Baca juga: Apa itu Startup dan Bagaimana Perkembangan Startup di Indonesia

Keuntungan Dropship

keuntungan-dropship

Setelah anda memahami apa itu dropship,contoh,dan cara kerjanya,maka langkah selanjutnya adalah mengetahui apa saja keuntungan dropship ini.

Sebelum anda ingin benar-benar memulai bisnis dropship ini,ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu tentang kelebihan bisnis dropship ini agar lebih yakin.

Berikut adalah 6 Keuntungan dropship yang wajib anda ketahui

1.Modal Minim

Untuk dapat mendaftar dan menjalankan sebuah bisnis dropship ini,anda tidak perlu biaya atau modal yang terlalu banyak.

Tentu saja hal ini berbeda dengan reseller,yang mana anda harus melakukan pembelian terlebih dahulu dan melakukan stok barang diawal,dan tentunya dengan biaya yang tidak sedikit.

Baca juga: 20 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula Terlengkap

Namun,dropship ini anda tidak perlu melakukan stok barang,yang anda lakukan hanyalah promosi dan pemasaran saja,urusan barang dan pengiriman itu menjadi kerjaan supplier yang telah bekerja sama dengan anda.

2.Bekerja dari Mana Saja

Menjadi droshipper itu tidak seperti pedagang,yang harus memiliki tempat berdagang seperti toko atau lapak di tempat-tempat tertentu agar dapat berjualan.

Ya hal ini dikarenakan bisnis ini dijalankan secara online,yang mana anda hanya membutuhkan koneksi internet agar dapat melakukan promosi dan melayani jika ada customer yang ingin membeli.

Bahkan,bekerja dropship ini bisa anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan lo,jika anda memang memiliki pekerjaan lain seperti di kantor,dan lain-lain.

Jadi,pekerjaan anda ya fleksibel,bisa dilakukan dari mana saja.

3.Menjual Beragam Produk

Ini merupakan salah satu keuntungan yang sangat menggiurkan bagi seorang dropshipper,yaitu bisa bekerja sama dengan beberapa supplier sekaligus.

Tentu saja hal tersebut dapat membuat anda untung berlipat ganda,namun semuanya tergantung seberapa berhasil anda mempromosikan kepada para customer.

Akan tetapi,hal ini tidak terlalu disarankan karena hanya akan membuat anda tidak fokus,apalagi bagi anda yang baru memulai bisnis dropship,nanti bukannya untung malah buntung.

Baca juga: 5 Resiko Pengusaha Ketika Menjalankan Bisnis

Jadi,waktu memulai cukup satu saja,jika anda ingin lebih juga anda dapat menjual produk yang berbeda-beda,namun dari satu supplier yang sama,agar tidak terlalu repot.

4.Mudah di Lakukan

Di zaman teknologi serba canggih sekarang ini,hampir semua kegiatan dapat dilakukan dengan mudah,salah satunya adalah menjalankan sebuah bisnis secara online.

Menjalankan bisnis dropship ini memiliki banyak kemudahan,yaitu diantaranya dapat dilakukan dari mana saja,semuanya fleksibel,dari tempat,waktu,dan lain-lain.

Namun,walaupun demikian kita tidak boleh membanding-bandingkan usaha kita dengan orang lain,karena semuanya saling membutuhkan satu sama lain.

5.Tidak Perlu Stok Barang

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya,bahwa dropship ini berbeda jauh dengan reseller,yang mana anda tidak perlu melakukan stok barang sama sekali.

Ketika anda berhasil mendaftar dan bekerja sama dengan supplier yang anda pilih,tugas anda hanyalah cukup dengan promosi dan promosi saja kepada para customer.

Dengan demikian,anda tidak perlu mencari atau menyewa sebuah gudang khusus untuk menyimpan barang-barang yang ingin anda jual.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan Pada Saat Pandemi

6.Tidak Ribet Pengemasan & Pengiriman Barang

Inilah salah satu dulu alasan saya yang sangat menarik,mengapa ingin join atau ikutan mulai berbisnis dropship,karena selain tidak perlu stok barang,kita juga tidak pusing memikirkan pengemasan dan pengiriman barang.

Karena,memikirkan pengemasan dan pengiriman barang itu bukanlah perkara yang mudah,apalagi jika yang order ada ratusan,dan kita hanya memiliki karyawan 2 orang atau bahkan sendirian saja.

Kekurangan Dropship

kekurangan-dropship

Memahami apa itu dropship,contoh,cara kerja,dan kelebihannya,udah. Langkah selanjutnya adalah mengetahui tentang kekurangan bisnis dropship ini.

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan,begitu juga dengan bisnis dropship ini,walaupun menjanjikan keuntungan yang menggiurkan diatas,tak luput juga bahwa bisnis ini memiliki kekurangan.

Berikut adalah kekurangan droship yang wajib anda ketahui:

1.Laba yang Sedikit

Inilah kekurangan dropship yang harus anda ketahui,sistem bagi hasil merupakan hal yang wajib untuk jenis pekerjaan seperti ini,karena melibatkan dua pihak bahkan lebih.

Namun,yang perlu anda perhatikan adalah biasanya bagi hasil atau komisi yang diterima para dropshipper biasanya tidak terlalu banyak,karena hampir semuanya dilakukan oleh supplier,dan anda hanya perlu memromosikan saja.

Ya tentu saja hal tersebut wajar saja sangat seimbang,karena tugasnya sangat mudah,jadi sangat wajar jika supplier mendapatkan keuntungan lebih besar.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Harus di Hindari Ketika Memulai Bisnis Online

2.Kurang Update Tentang Stok Barang

Karena dropship ini tugasnya hanya mempromosikan saja tanpa ada melakukan stok barang,jadi agak ribet deh ketika ada ratusan customer yang menanyakan tentang ketersediaan barang,namun kita tidak tahu.

Jadi,biasanya para dropshipper harus menanyakan terlebih dahulu ketersediaan barang kepada para supplier,dan hal ini tentu sangat memakan waktu sekali,belum lagi jika anda menghadapi pelanggan yang emosian,akan sangat repot sekali.

3.Tidak Bisa Mengontrol Barang

Hampir sama seperti diatas,karena tugas kita sebagai droshipper hanya promosi,jadi kita tidak memiliki kontrol terhadap barang yang di inginkan oleh pembeli.

Bagi sebagian orang,mungkin hal ini kurang penting,namun ada juga sebagian orang yang mengatakan bahwa mengontrol barang ini sangatlah penting,agar memang tidak ada kesalahan dalam pengiriman.

Jadi,sebisa mungkin anda harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada supplier.

4.Dropshipper Tergantung Supplier

Apasih yang dimaksud dari “dropshipper tergantung supplier” tersebut?

Ya,nama baik seorang dropshipper itu sangat bergantung kepada supplier yang telah anda percayai sebelumnya.

Jika anda memilih supplier yang tepat dan baik,maka customer akan selalu merasa puas dan menganggap anda adalah seorang seller yang baik dan memiliki rating bagus di mata pelanggan.

Namun sebaliknya,jika anda salah memilih supplier yang kasar atau tidak care dengan pembeli,maka nama baik dropship anda akan rusak,dan customer kemungkinan besar tidak akan percaya lagi membeli kepada anda.

Maka dari itu,carilah supplier terpercaya,jujur,baik,dan amanah agar bisnis dropship anda dapat bertahan lama.

Baca juga:

Kesimpulan:

Nah,bagaimana teman-teman,kalian semua pasti udah paham bukan apa itu dropship,bagaimana contoh dan cara kerjanya.

Intinya,bahwa semua bisnis itu tidak ada yang mudah,seperti halnya dropship,walaupun memiliki segudang keuntungan,namun tidak akan luput dari kekurangan.

Adapun intisari dari artikel ini adalah “Jangan meremehkan pekerjaan apapun,walaupun penghasilan yang anda dapatkan lebih besar dari orang lain”.

Jadi,apabila suatu saat anda menjadi orang sukses dari bisnis dropship ini,lalu memiliki niat untuk mencela para pekerja kecil dan meremehkan mereka,please jangan,karena hal ini hanya akan merugikan diri anda sendiri.

Mungkin,ini saja pembahasan yang bisa kami sampaikan,selanjutnya akan kami bahas lebih banyak lagi hal menarik tentang bisnis dropship dan reseller ini.

Jangan lupa kunjungi juga channel YouTube Redstrixcom,untuk mendapatkan video edukasi animasi yang menarik.Kami juga akan berusaha membuat video animasi yang menarik.

Terima kasih,

Wassalam.

Gambar Gravatar
Seorang Muslim Entreprenur & Pemuda Milenial yang hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangkaian tulisan

2 komentar

  1. Pembahasan yang menarik,tampilan user friendly,sekarang akhirnya saya mulai mengerti apa itu dropship.
    Ya kalau dilihat sekilas sih mirip kaya affiliate ya,cuma kalau affiliate itu khusus produk digital,dan dropship ini untuk produk fisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *