featured-image-apa-itu-domain-pengertian-fungsi-dan-contohnya

Apa itu Domain? Pengertian,Fungsi,dan Contohnya

Diposting pada

Redstrixcom – Apa itu domain? apa yang dimaksud dengan domain,fungsi dan contohnya? Jika anda masih bingung,tidak mengapa,karena pada artikel ini akan kita jawab semuanya.

Ketika pertama kali orang-orang ingin membuat suatu website,tentu mereka harus pandai memilih suatu nama brand untuk website mereka,ya itu memang suatu kewajiban agar website kita gampang di ingat oleh orang lain dan tentunya juga memiliki makna tersendiri.Jadi,kita tidak bisa membuat suatu nama alamat website yang sembarangan.

Ketika pertama kali mengenal dunia website,dan masih awam tentang hal-hal tersebut,sering kali kita bertanya-tanya apakah boleh memilih nama website yang sembarang,karena nama yang mereka inginkan sudah tidak tersedia?Jika kalian menemukan pertanyaan seperti itu,kalian cukup jawab,kamu bikin website serius atau tidak?

Oleh karena itu,kami bertekad membuat artikel ini untuk dapat membantu teman-teman sekalian untuk memahami apa itu domain beserta fungsi dan contohnya.

Apa itu Domain?

apa-itu-domain

Apa itu domain?

Domain adalah sebuah nama suatu halaman situs yang ditempelkan kepada suatu server,agar dapat mewakili sebuah halaman situs website tersebut agar dapat di akses secara online di internet.Selain itu,dalam dunia hosting,domain lebih di ibaratkan sebuah alamat rumah yang wajib,jika tidak ada alamat,bagaimana orang-orang ingin mengunjungi tempat tersebut.

Jadi,dapat disimpulkan bahwa domain merupakan sebuah alamat yang diberikan kepada berbagai macam situs,agar dapat diakses secara publik.Bayangkan saja jika tidak ada domain,bagaimana jika anda menginginkan berkunjung ke suatu situs tersebut.

Baca juga: Apa Itu Hosting,Domain,dan SSL Serta Perbedaannya

Fungsi Domain

fungsi-domain

Setelah memahami pengertian domain,selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi domain.Mungkin,sebagian dari kalian sudah ada yang mengetahui hal ini,namun kemungkinan besar kalian yang membaca artikel ini memang ingin mengetahui tentang dasar-dasar domain.

Umumnya,fungsi domain adalah untuk memudahkan para pengguna internet dalam mencari sebuah halaman web atau situs yang ingin mereka kunjungi.Sebagai contoh,mereka ingin menonton berbagai macam video yang semuanya lengkap,ya mereka harus mengunjungi situs youtube.com.Bayangkan jika YouTube tidak memiliki domain,kemana kita harus mengunjunginya.

Itulah singkatnya mengenai fungsi dari sebuah domain yang harus anda ketahui.

Jika di ibaratkan,domain ini berfungsi untuk memudahkan para pengguna internet dalam menunjungi sebuah tempat,hanya saja karena ini berbasis internet yang di jangkau dari jarak jauh,ya kita hanya bisa melihat dari gadget atau laptop kita saja.

Baca juga: Apa Itu SEO? Pengertian,Contoh,dan Fungsinya

Pengertian Domain dan Contohnya

pengertian-domain-dan-contohnya

Berdasarkan data yang ada,umumnya nama domain itu terbagi menjadi 2,yaitu:

1.Generic top-level domains(gTLDs)

Istilah ini atau yang biasa disingkat dengan gTLDs merupakan salah satu kategori dari Top Level Domains(TLD),contohnya adalah seperti .com, .info, .net, .org, dan masih banyak lagi. Alamat website yang terdaftar sebagai kategori TLD,yaitu merupakan level terakhir dari setiap nama alamat website tersebut yang sudah memenuhi syarat dan biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar,selain itu lebih populer di dunia website.

Saat ini,kebanyakan website menggunakan alamat website dengan akhiran domain tersebut,karena juga alamat website yang termasuk dalam kategori TLD,lebih banyak dipercaya oleh orang-orang dan lebih ke arah umum.

Karena ada banyak jenisnya,maka kita akan membahas apa saja jenis nama domains yang termasuk dalam kategori ini serta apa saja fungsi-fungsinya.

  • .com – sering digunakan untuk keperluan komersial dan umum digunakan.
  • .net – sering digunakan untuk keperluan internet.
  • .org – sering digunakan untuk keperluan organisai.
  • .info – sering digunakan untuk keperluan informasi.
  • .biz – sering digunakan untuk keperluan bisnis.
  • .name – sering digunakan untuk keperluan website pribadi.
  • .tv – sering kali digunakan untuk keperluan televisi dan sejenisnya.
  • .pro – sering kali digunakan untuk keperluan profesionnal.
  • .edu – sering kali digunakan untuk keperluan pendidikan.
  • .gov – digunakan untuk keperluan kepemerintahan AS
  • .mil – digunakan untuk keperluan militer AS.

2.Country code top-level domains

Meskipun ini sama dengan sebelumnya,yaitu termasuk dalam kategori TLD,akan tetapi antara dua jenis ini memiliki perbedaan.Country code top-level domain(ccTLD) merupakan sebuah alamat website tingkat teratas yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan dan biasanya digunakan dalam satu negara saja,dengan nama yang disediakan oleh negara itu sendiri.

Orang-orang yang sering menggunakan domain ini adalah orang-orang yang hanya ingin website mereka memiliki brand asal negara itu sendiri dan tidak ingin tersebar luas keseluruh dunia,yang artinya jika mereka hanya ingin website mereka dikenal dan diakses oleh pengunjung dari negara tersebut saja.

Ada banyak sekali jenis alamat website ini,tentunya setiap negara berbeda-beda,akan tetapi disini kita hanya akan membahas versi Indonesia saja.

  • .co.id – digunakan untuk keperluan organisasi komersial dan umum digunakan.
  • .net.id – digunakan untuk organisasi pemegang izin penyelanggara jasa telekomunikasi.
  • .or.id – digunakan untuk organisasi Yayasan resmi.
  • .ac.id – digunakan untuk keperluan Universitas atau Perguruan Tinggi.
  • .go.id – digunakan untuk keperluan kepemerintahan.
  • .web.id – digunakan untuk badan usaha perseorangan ataupun organisasi.
  • .sch.id – digunakan untuk keperluan sekolah .
  • .mil.id – digunakan untuk keperuan militer .
  • .war.net.id – digunakan untuk keperluan warung internet.

Baca juga:

Kesimpulan:

Pada dasarnya,setiap nama domain tersebut memiliki fungsi masing-masing yang bermanfaat untuk orang-orang dan pengunjung agar lebih mudah dikenali brand mereka.Harapan kami,artikel ini dapat membantu kalian yang sedang kebingungan dan sedang mencari nama yang tepat untuk brand website yang akan kalian kelola.

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu domain,pengertian dan contohnya.Kami harap,artikel ini dapat membantu menjawab pertanyaan anda yang masih kebingungan tentang domain selama ini.

Mungkin itu saja yang dapat kami tuliskan di artikel ini,pada artikel selanjutnya akan kami bahas lebih banyak lagi hal-hal menarik seputar domain dan cara membuat website.

Jangan lupa share jika bermanfaat,dan anda bisa membaca artikel-artikel menarik kami lainnya yang ada diwebsite ini.Dan jika ada masalah,anda juga dapat menghubungi kami segera.

Terima kasih

Wassalam.

Gambar Gravatar
Seorang Muslim Entreprenur & Pemuda Milenial yang hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangkaian tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *