featured-image-apa-itu-copywriting-pengertian-dan-contohnya

Apa itu Copywriting? Pengertian dan Contohnya

Diposting pada

Redstrixcom – Pernahkah kalian mendengar istilah apa itu copywriting dalam sebuah strategi penjualan atau marketing,yang biasanya dilakukan oleh pebisnis online.

Pada dasarnya,ilmu ini digunakan oleh para pebisnis untuk mendongkrak atau meningkatkan penjualan mereka dengan menggunakan trik-trik yang ampuh serta menggunakan kata-kata yang sangat kreatif dengan tujuan membujuk agar pelanggan ingin membeli produk atau jasa yang sedang kita tawarkan.

Dengan menggunakan teknik ini,biasanya para para pebisnis akan mendapatkan lead atau ketertarikan yang tinggi dari para pelanggan yang ditargetkan,sehingga penjualan yang didapatkan akan semakin meningkat dan mendapatkan penghasilan yang lumayan tinggi daripada tidak menggunakan teknik sama sekali.

Pada pembahasan kali ini,kita akan membahas secara simple saja memahami suatu teknik penjualan dan mengapa ini penting dalam suatu strategi marketing agar mendapatkan banyak pelanggan.Mudah-mudahan ini dapat membantu kalian yang belum paham sama sekali dengan teknik penjualan.

Apa itu Copywriting

apa-itu-copywriting

Seperti yang telah dijelaskan diatas,ini merupakan suatu biasanya dilakukan oleh para pebisnis online dengan menggunakan kata-kata yang menarik,agar mendapatkan banyak pelanggan.

Pada era digital sekarang ini,saingan berdagang dan berbisnis apapun sangatlah ketat.Jika kita tidak sanggup bersaing dengan mengikuti modern diera teknologi,maka kemungkinan besar usaha kita akan bangkrut atau gulung tikar.

Apalagi jika kita tidak paham sekali dengan perkembangan zaman,yang mana orang-orang lebih suka belanja atau mencari apapun hanya lewat internet saja dan lebih nyaman melakukan segalanya hanya dari rumah.Selain itu,kita juga harus mengerti dengan keadaan lingkungan,apa saja yang sedang orang cari dan butuhkan sekarang ini,sehingga munculah ide-ide yang dapat kalian rancang dan menjadikan nyata ide tersebut.

Seiring perkembangan teknologi juga,teknik copywriting ini sangat banyak sekali digunakan oleh olshop dan para internet marketer ketika mereka ingin mempromosikan produk-produk mereka dimedia internet.Tujuan mereka agar memikat pandangan ketika para pengguna media internet melihat iklan dan kata-kata promosi yang mereka rangkai,sehingga user atau calon pelanggan

Bagi kalian yang merupakan seorang pebisnis online ataupun olshop,yang memiliki suatu produk,baik produk fisik ataupun digital,ada baiknya kalian mencoba teknik ini agar mendapatkan ketertarikan yang tinggi dimata pelanggan ketika pertama kali melihat produk yang ditawarkan.

Contoh Copywriting

contoh-copywriting

Setelah memahami pengertian apa itu copywriting,langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana sih contoh copywriting itu?

Pada intinya,teknik copywriting ini digunakan untuk memikat calon customer agar memiliki tingkat keinginan yang lebih tinggi untuk membeli produk anda,dalam bentuk penawaran sebuah tulisan.

Contohnya adalah sebagai berikut.

  • “Hallo kak,kalau kakak transfer hari ini akan mendapatkan bonus banyak dari saya,cuma berlaku hari ini ya kak”.
  • “Maaf kak,cuma mau ngingetin kalau diskon hanya berlaku hari ini saja,besok sudah hangus,dan kesempatan ini hanya saya buka satu tahun dua kali”.
  • “Produk ini dijamin sangat bermanfaat bagi kakak,dan harganya jauh lebih murah dari tempat lain,kakak bisa bandingkan saja dengan kompetitor sebelah”.
  • “Produk ini sangat terbatas kak,sangat disayangkan jika kakak tidak memilikinya.

Ya,seperti yang anda lihat pada kata-kata rayuan tersebut,itu adalah sebuah teknik copywriting untuk membuat pelanggan dapat tertarik untuk membeli produk anda.

Pastinya,seorang pelanggan itu tidak ingin membeli sembarang produk,karena mereka berfikir akan membuang-buang uang saja.Jadi,anda sebagai seller atau penjual harus bisa meyakinkan pelanggan bahwa mereka beruntung dan produk tersebut sangat bermanfaat untuk mereka.

Selain itu,hal yang harus anda perhatikan adalah tetap menjaga bahwa apa yang anda katakan dalam teknik copywriting itu benar.Jangan sampai anda hanya menuliskan janji palsu yang tidak sesuai,karena itu akan merusak brand anda dan nama anda sendiri.

Jadi,tetap jaga agar tata penulisan copywriting tetap natural dan tidak terlihat penipuan.

Pentingnya Copywriting Dalam Bisnis

pentingnya-copywriting-dalam-sebuah-bisnis

Apakah teknik ini penting untuk kemajuan dan perkembangan sebuah bisnis?

Seperti yang telah kita ketahui,karena teknik ini dapat meningkatkan penjualan dalam strategi marketing,jadi dapat dikatakan teknik ini cukup penting untuk meningkatkan dan mengembangkan sebuah bisnis.

Bayangkan saja,persaingan dunia bisnis sekarang ini semakin ketat sekali,dan rata-rata mereka sudah memiliki ilmu dan pengalaman yang cukup tentang strategi marketing,sehingga terkadang orang-orang pemula yang sedang belajar merasa down dan tidak dapat bersaing dengan mereka.Dan ini merupakan hal yang banyak terjadi dikalangan para pebisnis yang baru merintis usaha mereka melalui internet.

Maka dari itu,teknik copywriting ini memanglah sangat dibutuhkan dalam strategi marketing dan agar bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya.Kalian dapat mencoba untuk merangkai sebuah kata-kata yang menarik,agar mendapatkan respon yang tinggi dari para calon pelanggan.

Tidak hanya itu saja,jika kalian menguasai ilmu copywriting,kalian dapat menjadikannya sebuah usaha,yaitu membuka jasa penulisan kata-kata yang memang menarik.Namun,seringkali saya mendapatkan pertanyaan,apakah memang ada yang ingin menggunakan jasa ini dan apakah laku?

Jawabannya tentu sangat laku dan banyak dicari orang,tapi kemungkinan kalian akan jarang menemukannya di Indonesia,ya karena memang yang paling banyak perlu itu biasanya orang-orang yang ada diluar negri sana.Jika kalian ingin mencoba,kalian dapat mengunjungi sebuah situs freelance yang merupakan situs terbesar didunia,yaitu fiverr.

Dalam situs tersebut,sangat banyak sekali jenis pekerjaan yang dapat dilakukan,dari hal-hal yang mungkin tidak diperlukan skill sama sekali ada dalam situs tersebut.

  • Baca juga:

7 Kesalahan Fatal Ketika Berjualan di Facebook

Apa Itu SEO? Pengertian,Contoh,dan Fungsinya

Kesimpulan:

Setelah kalian mengetahui,betapa pentingnya copywriting dalam sebuah bisnis,tentunya kalian akan membuat dua pilihan,memilih untuk menggunakannya atau malah mengabaikannya untuk perkembangan bisnis yang mungkin sedang kalian kelola.

Semuanya tergantung diri kita masing-masing,jika kita belum paham atau belum bisa memunculkan ide-ide cemerlang untuk merangkai sebuah kata-kata,kita dapat menggunakan jasa orang lain yang memang sudah ahli dibidang tersebut,dan jangan pernah hitung-hitungan ketika ingin belajar tentang sesuatu yang bermanfaat.

Mungkin,ini saja pembahasan yang dapat saya sampaikan,pada materi selanjutnya,saya akan membahas lebih dalam lagi tentang strategi marketing lainnya,yang mudah-mudahan dapat membantu teman-teman sekalian dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Jika ada kesalahan dalam penulisan ataupun ada link yang rusak,mohon untuk segera menghubungi kami.

Terima kasih,

Wassalam.

Gambar Gravatar
Seorang Muslim Entreprenur & Pemuda Milenial yang hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangkaian tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *